KARYA TULIS SOSIOLOGI PENGARUH PERKEMBANGAN INTERNET TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA
PENDAHULUAN
I.1 Latar belakang masalah
Pendidikan merupakan
faktor utama dalam membentuk baik buruknya pribadi manusia secara normatif.
Pendidikan yang diperoleh anak tidak hanya di sekolah akan tetapi semua faktor
bisa dijadikan sumber pendidikan. Terutama lingkungan yang berperan atau
berpengaruh tehadap keberhasilan prestasi siswa. Anak dalam kandungan sampai
usia lanjut atau liang lahat akan mendapatkan pendidikan.baik dari lingkungan,
pendidikan formal maupun non formal.
Pendidikan wajib diikuti
oleh seluruh insan seperti yang telah disabdakan rasul dalam riwayat haditsnya
“Menuntut ilmu wajib bagi semua kaum muslim (laki-laki maupun perempuan).
”Dengan berkembangnya zaman teknologi berkembang pula dengan pesat. Jika kita
melihat manusia zaman dulu dengan sekarang fasilitas hidup yang tersedia jauh
lebih mudah, lebih gampang sekarang ini. Dalam bentuk transportasi, kita
tinggal memilih yang cepat sedang atau sangat cepat sudah tersedia. Ingin
berkomunikasi setiap saat, jauh atau pun dekat tinggal tekan.
Pesatnya teknologi saat
ini menimbulkan dampak yang luar biasa bagi para siswa. Hal ini harus ada
kerjasama yang baik antara orang tua dan guru. Peran orang tua sangat besar
dalam keberhasilan prestasi siswa.Banyak siswa yang pergi ke warnet dengan
alasan untuk mengerjakan tugas sekolahnya, padahal sekolah hanya dijadikan
alasan. Ruang warnet yang di desain sedemikian rupa agar para pelanggan
terkesan menikmati atau betah berada di dalamnya.
Internet merupakan
teknologi masa kini yang mempunyai peran sangat penting di era globalisasi.
Internet bagaikan sebuah perpustakaan dunia yang bisa kita akses dengan mudah
segala kebutuhan yang kita perlukan. Internet mempunyai jaringan data yang
mendunia, seseorang bisa mengakses dengan bebas didalam internet sesuai
kehendaknya.Pesatnya teknologi serta perkembangan zaman, banyak siswa yang
mengalami kemunduran dalam prestasi belajar. Tidak hanya factor mundurnya
prestasi siswa akan tetapi sosial budaya, akademis maupun tingkah laku terjadi
kemunduran. Bagaimana dengan pesatnya teknologi ini jika dihubungkan dengan
keberhasilan siswa dalam proses belajar mengajarnya? Apakah berpengaruh atau
tidak? Apa dan mengapanya kita bahas dalam mini penelitian ini.
I.2 Rumusan masalah
Dari latar belakang masalah diatas,
penulis dapat mengambil rumusan masalah sebagai berikut :
1. Apakah pengaruh internet terhadap prestasi siswa ?
2. Apa manfaat dan dampak penggunaan internet terhadap prestasi siswa ?
3. Bagaimana permasalahan internet terhadap pendidikan ?
1. Apakah pengaruh internet terhadap prestasi siswa ?
2. Apa manfaat dan dampak penggunaan internet terhadap prestasi siswa ?
3. Bagaimana permasalahan internet terhadap pendidikan ?
I.3 Tujuan masalah
a) Untuk mengetahui
pengaruh internet terhadap prestasi siswa.
b) Untuk mengetahui manfaat
dan dampak dari penggunaan internet terhadap prestasi siswa.
c) Untuk mengetahui
permasalahan internet terhadap dunia pendidikan.
d) Untuk mencari solusi
dalam menangani masalah pengaruh buruk yang disebabkan internet bagi siswa/i.
1.4 Manfaat Penelitian
Adapun manfaat yang dapat di berikan adalah sebagai berikut :
1.Dapat mebedakan manfaat dan dampak dari
penggunaan internet terhadap prestasi belajar siswa
2.Meningkatkan prestasi belajar siswa
3.Menciptakan kesadaran bahwa siswa tidak hars terlalu bergantung pada
internet
BAB II
METODOLOGI PENELITIAN
II.1. Pendekatan Penelitian
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif, yaitu pendekatan penelitian yang menyajikan data dalam bentuk
narasi/deskripsi.
II.2. Jenis Penelitian
Metode yang kami gunakan adalah metode deskriptif yaitu suatu metode yang
digunakan untuk mengungkapkan permasalah yang terjadi dimasa sekarang.
Penelitian deskriptif bertujuan pada pemecahan masalah yang ada pada masa
sekarang karena banyak sekali ragam penelitian yang menuturkan, menganalisa,
dan mengaplikasikan penelitian dengan hasil survei, angket, observasi, atau
dengan teknik teks, studi kasus,studi waktu dan gerak, analisa kualitatif,
studi kopertif, atau studi kopertif, atau studi operasional. Dalam penelitian
ini, kami menggunakan metode deskriptif untuk menggambarkan seberapa besar
gambaran tentang “pengaruh perkambangan internet terhadap prestasi
belajar siswa”.
II.3. Subjek dan Lokasi Penelitian
II.3.1. Subjek Penelitian
Subjek penelitian kami adalah siswa/i SMA Muhammadiyah Sawangan, Depok.
II.3.2. Lokasi Penelitian
Lokasi penelitian kami adalah sekolah SMA Muhammadiyah 7 Jl. Abdul Wahab
No.19 Sawangan Depok.
II.4. Metode Pengumpulan Data
Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan beberapa metode,
diantaranya :
1. Observasi
Yaitu menurut pengamatan
langsung terhadap subjek penelitian pada tanggal, 18-25 Januari 2013.
2. Wawancara/Interview
Yaitu proses Tanya jawab
langsung terhadap penelitian dengan para responden dilaksanakan pada
tanggal, 4-6 Februari 2013.
3. Dokumentasi
Yaitu bukti foto
terhadap subjek penelitian yang telah kami lakukan pada tanggal, 6 Februari
2013.
BAB III
PEMBAHASAN
Penggunaan internet
telah merasuk pada hampir semua aspek kehidupan baik sosial, ekonomi,
pendidikan, hiburan bahkan keagamaan dan apa saja yang dapat terpikirkan. Siswa
merupakan salah satu pihak yang paling diuntungkan dengan kemunculan internet.
Aneka referensi, jurnal, maupun hasil penelitian yang dipublikasikan melalui
internet tersedia dalam jumlah yang berlimpah. Dengan adanya pemanfaatan
internet sebagai salah satu sumber informasi dan motivasi belajar yang tinggi
diharapkan siswa dapat memperoleh prestasi belajar yang baik. Hal ini
dikarenakan kemudahan yang didapat siswa ketika memanfaatkan internet dalam
mengakses informasi di internet.
Dengan seiringnya zaman
maka semakin maju pula perkembangan teknologi. Dimana kita telah mengenal
internet, Internet (Inter-Network) adalah sebutan untuk sekumpulan jaringan
komputer yang menghubungkan situs akademik, pemerintahan, komersial,
organisasi, maupun perorangan. Internet menyediakan akses untuk layanan
telekomunikasi dan sumber daya informasi untuk jutaan pemakai yang tersebar di
seluruh dunia. Oleh sebab itulah internet sangat mempengaruhi di dalam
kehidupan masyarakat khusunya untuk para pelajar. Karena internet mempunyai
dampak positif dan dampak negatif yang nantinya dapat mempengaruhi generasi
muda.Sebenarnya siswa dalam proses beljajar juga bias memerankan dirinya sebaik
mungkin. Dalam peningkatan prestasi belajarnya pun juga harus bisa
memilih mana yang dapat memberikan hal yang terbaik untuk dirinya sendiri.
Apa yang diharapkan
biasanya sulit diwujudkan atau mungkin timbul efek lain yang sebenarnya tidak
diharapkan. Pengenalan dan penggunaan internet di lingkungan pendidikan
melahirkan budaya baru dalam lingkungan siswa. Sebagai contoh yaitu maraknya
game online yang kebanyakan dimainkan oleh anak-anak. Sepulang sekolah,
anak-anak yang seharusnya lebih banyak menghabiskan waktunya untuk belajar di
rumah.
Namun, ternyata saat ini
lebih banyak waktu anak-anak di habiskan di warnet untuk bermain internet. Ada
sebagian anak-anak yang menghabiskan waktunya hampir 4 jam untuk bermain game
online di warnet. Banyak hal-hal yang dapat terabaikan oleh anak-anak akibat
hal demikian,diantaranya dari hal kecil saja bisa lupa makan, mandi,
mengerjakan PR, dan sebagainya.
Contoh lain yaitu
pornografi. Siswa yang diberikan keleluasaan bergerak dengan internet rawan
dengan tindakan menyimpang. Keleluasaan bergerak di dunia maya bisa berbelok
untuk kepentingan pornografi dan pada akhirnya melakukan tindakan menyimpang
seperti pergaulan bebas.
Ceritanya akan berbeda
jika pemanfaatan internet dioptimalkan sebagai sumber belajar dan media
pengembangan kecakapan mengajar, terutama dimanfaatkan oleh guru. Internet
sebagai sumber belajar dicontohkan sebagai sumber informasi yang tersedia
secara online dan bebas. Terkait dunia pendidikan, antara lain berupa Digital
Librarydan Online Journals. Digital library merupakan sebuah dunia maya yang
berisi mengenai semua informasi, seperti buku-buku, hasil penelitian, kamus,
dan semua informasi yang selayaknya ada di perpustakaan konvensional. Baik guru
atau siswa dapat mengaksesnya di dunia maya sebagai sumber belajar karenaDigital
library jauh lebih lengkap, jauh lebih mudah untuk diakses, dan jauh
lebih cepat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Dengan demikian proses
belajar siswa dan guru tidak hanya bersumber dari buku dalam artian fisik saja,
tetapi dapat berupa buku elektronik yang tersedia di internet.
Online journals merupakan sebuah
dunia maya yang menampilkan berbagai jurnal elektronik yang dapat diakses
dengan mudah, cepat, up to date, dan lebih lengkap. Online courses adalah
sejumlah kursus-kursus atau proses pembelajaran yang ditawarkan secara langsung
kepada masyarakat atau dilangsungkan dalam suatu komunitas pembelajaran dengan
menggunakan internet.
Internet juga dapat
dijadikan sarana komunikasi dan wadah pengembangan kerja sama antar guru dan
sekolah. Melalui internet, dapat terjalinnya kolaborasi yang baik antara
pihak-pihak yang terlibat dalam bidang pendidikan. Dapat akses yang lebih
mudah, efisien, dan lebih murah, para guru dapat bertukar informasi mengenai
proses pembelaran, bentuk-bentuk penelitian, bea siswa guru atau siswa,
pendanaan suatu program tertentu, dan acara sosial.
Misalnya, sekolah
akan mengadakan “program sekolah hijau”. Sekolah dapat melayangkan kerja sama
melalui email kepada berbagai pihak. Pada web sekolah, juga dapat ditampilkan
iklan program tersebut dilengkapi dengan berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan.
Melalui internet, semua pihak dari berbagai belahan dunia akan degan mudah
mengakses informasi program sekolah yang sedang atau akan dilaksanakan
tersebut.
Dengan memperhatikan
pengalaman dari beberapa sekolah-sekolah yang sudah memanfaatkan internet,
teknologi informasi dan komunikasi (TIK) memiliki pengaruh yang cukup berarti
terhadap prestasi belajar siswa. Dengan Internet, memungkinkan terjadinya
individualisasi, akselerasi, pengayaan, perluasan, efektivitas, dan
produktivitas pembelajaran yang pada gilirannya akan meningkatkan kualitas
pendidikan sebagai infrastruktur
pengembangan sumber daya
manusia secara keseluruhan. Melalui penggunaan TIK setiap guru akan terangsang
dan terdorong untuk melakukan fasilitasi dan pembinaan secara berkelanjutan
sesuai dengan potensi dan kecakapan yang dimilikinya. Pembelajaran dengan
menggunakan TIK menuntut kreativitas diri sehingga memungkinkan mengembangkan
semua potensi yang dimiliki guru dan peserta didik.
Oleh karena itu, kami
telah mewawancarai beberapa siswa SMA Muhammadiyah mengenai pengaruh internet
terhadap prestasi belajar siswa dan menyatakan bahwa internet itu penting dalam
urusan sekolah tetapi apabila sudah kecanduan dengan situs-situs internet maka
setiap saat yang dilakukan hanyalah membuka situs-situs internet, itulah yang
menyebabkan malas belajar dan lupa akan waktu jika terlalu sering membuka situs
internet juga akan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa, seperti yang
dikatakan oleh responden kami yang bernama Nabila Amanda Etria kelas XII.2 yang
menyatakan bahwa “ internet sangat membantu kita dalam belajar, karena siapapun
dapat leluasa searching tentang pelajaran-pelajaran dan informasi-informasi
lainnya saat kita membutuhkannya. Pemakaian internet juga tidak terlalu
menurunkan prestasi belajar siswa, karena internet berguna bagi anak pelajar dn
juga untuk mengetahui banyak informasi.” Begitu tutur kata yang disampaikan
oleh responden kami.
Informasi
adalah data yang diolah dan dibentuk menjadi lebih berguna dan lebih
berarti bagi yang menerimanya. Informasi merupakan pengumpulan dan pengolahan
data untuk memberikan keterangan atau pengetahuan. Maka dengan demikian sumber
informasi adalah data. Data adalah kesatuan yang menggambarkan suatu kejadian
atau kesatuan nyata, seperti yang dikatan responden kedua kami Septi Rizky
Nuryani kelas XII.1 bahwa “ internet penting dalam membantu belajar kita, karna
untuk selain untuk hiburan/refreshing bisa juga sangat membantu dalam
menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Selain menyelesaikan tugas sekolah,
kita juga bias belajar lewat online dan bias di download pelajaran-pelajaran
sekolah dan diluar sekolah.” Begitu tutur kata yang disampaikan oleh responden
kedua kami.
Bila ilmu merupakan
sejumlah pengetahuan yang disusun secara logis dan sistematik, maka pengetahuan
ialah sesuatu yang diketahui melalui pancaindra dan pengolahan oleh daya fikir.
Fungsi dari pengetahuan itu sendiri ialah untuk mengubah cara hidup seseorang
sehingga lebih selaras dengan gerak hidup dari yang diketahui, seperti yang dikatakan
oleh responden ketiga kami Ridha Nurcahyani Amalia kelas XII.2 bahwa “ internet
dapat membantu kita dalam belajar, karena jika saya mendapatkan PR yang sulit,
saya bisa langsung cari di google, dan tidak juga menurunkan prestasi belajar
karena saya menggunakannya di waktu yang senggang.” Begitu tutur kata yang
disampaikan oleh responden kami.
Berdasarkan hasil
wawancara yang kami lakukan oleh beberapa siswa SMA Muhammadiyah 7 Sawangan
mengatakan bahwa fasilitas internet itu sangat penting. Dan hasil dari
penelitian kami di sekolah SMA Muhammadiyah 7 Sawangan hampir semua siswa dan
siswi menggunakan dan mengerti fasilitas internet.
Internet, sebagai
teknologi ciptaan manusia, pasti memiliki pengaruh positif terhadap prestasi
siswa di sekolah, berikut ini adalah beberapa contohnya.
· Web memberikan segala
informasi pendidikan yang sangat banyak dan luas, hal ini tentu sangat berguna
bagi para siswa dalam menunjang proses belajar mereka.
· Web membuat proses
belajar menjadi lebih cepat, hal ini dikarenakan web sangat mudah digunakan dan
didukung oleh banyaknya search engine (mesin pencari) seperti Google untuk
mencari informasi. Siswa tinggal membuka mesin pencari, memasukkan kata kunci
yang diinginkan, lalu munculah segala informasi yang dibutuhkan.
· Dengan banyaknya
informasi yang tersedia di web dan kemudahan untuk mendapatkannya, siswa
cenderung untuk terus belajar dan mencari segala macam knowledge di dunia maya
ini. Hal tersebut adalah salah satu pengaruh web terhadap prestasi belajar
siswa dari segi positif.
· Tak seperti buku, web
menyuguhkan informasi dengan cara yang lebih menarik. Misalnya, bila ada gambar
pada suatu artikel, gambar tersebut kadang bergerak (animasi), hal ini tentu
lebih menarik dan membuat otak siswa tidak jenuh.
· Tak hanya soal
pendidikan, web juga menyuguhkan jejaring sosial yang berguna untuk melatih
siswa agar lebih baik dalam bersosialisasi, baik dengan orang-orang yang sudah
dikenal maupun dengan orang asing.
· Web sebagai media
komunikasi, merupakan fungsi web yang paling banyak digunakan dimana setiap
pengguna web dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
· Media pertukaran
knowledge, dengan menggunakan e-mail, newsgroup, ftp dan www (web
jaringan situs-situs web) para pengguna web di seluruh dunia dapat saling
bertukar informasi dengan cepat dan murah.
· Media untuk mencari
informasi atau knowledge, perkembangan web yang pesat, menjadikan www sebagai
salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
· Kemudahan memperoleh
informasi yang ada di web sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.
· Bisa digunakan sebagai
lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain.
· Kemudahan bertransaksi
dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke
tempat penawaran/penjualan.
Internet diciptakan
untuk memudahkan kehidupan manusia, tapi bagaimanapun juga, internet memiliki
sisi negatif yang tak bisa dihindari oleh siapapun, khususnya para siswa
sekolah. Siswa sekolah adalah anak berusia muda, usia seperti ini umumnya labil
dan cenderung ingin tahu. Berikut beberapa contoh pengaruh internet terhadap
prestasi belajar siswa dari segi negatif.
·
Banyaknya situs hiburan seperti situs musik atau film, akan membuat siswa
terlena dan lupa waktu. Situs-situs seperti ini boleh dikonsumsi sebagai
hiburan untuk membuat otak tidak jenuh, tapi kalau sampai lupa waku belajar
tentu prestasi siswa juga akan menurun.
·
Saat ini banyak sekali situs jejaring sosial yang dikenal oleh para siswa
sekolah, hal ini bisa menyebabkan siswa lupa waktu dan sibuk mencari hiburan
lewat jejaring sosial.
·
Tak hanya itu, jejaring sosial yang seharusnya bisa meningkatkan
sosialisasi para siswa, kadang malah menjauhkan siswa dari teman-teman sekitar.
Mereka lebih suka berinteraksi dengan teman-teman di dunia maya daripada teman
di sekitar mereka. Hal ini bisa berdampak buruk, karena umumnya yang
dibicarakan dengan teman di dunia maya bukanlah hal-hal yang berhubungan dengan
pendidikan. Ini menjadi salah satu pengaruh net terhadap prestasi belajar siswa
secara negatif karena siswa menjadi lupa belajar.
Pornografi
· Anggapan yang mengatakan
bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan
penyampaian informasi yang dimiliki net, pornografi pun merajalela.Untuk
mengantisipasi hal ini, para produsen browser melengkapi program mereka dengan kemampuan
untuk memilih jenis home-page yang dapat di-akses.Di net terdapat gambar-gambar
pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang
untuk bertindak kriminal.
· Violence and Gore.
Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi
pada dunia net tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam
cara agar dapat menjual situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal
yang bersifat tabu.
· Penipuan. Hal ini memang
merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu.
Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi
informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut.
· Karena sifatnya yang
real time (langsung), cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah
carayang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat net pun
paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka,
para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan Kartu Kredit)
online dan mencatat kode Kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya mereka
menggunakan information yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan
mereka.
· Dampak lainnya adalah
meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu
pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Anda hanya perlu
menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak agresif dan
memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya.Mengurangi sifat sosial
manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat net daripada bertemu
secara langsung (head to head).
· Dari sifat sosial yang
berubah dapat mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi.Bisa
membuat seseorang kecanduan, terutama yang menyangkut pornografi dan dapat
menghabiskan uang karena hanya untuk melayani kecanduan tersebut.
Untuk saat ini internet
sangatlah penting dalam dunia pendidikan terutama untuk meningkatkan prestasi
belajar siswa. Dengan adanya internet maka akan memudahkan kita untuk mencari
segala yang kita butuhkan. Selain sebagai media pendidikan, internet juga
berguna sebagai media untuk sharing antar pelajar yang pada akhirnya bisa
membuat kita mengetahui kualitas diri kita dengan orang lain, sehingga kita
bisa mengetahui kekurangan dan kelemahan diri kita. Selain dari itu, dengan
adanya internet yang dapat diakses dengan mudah oleh seorang pelajar selain
memberikan manfaat juga dapat mengakibatkan dampak negatif, hal ini tergantung
pada tingkat kemampuan seorang pelajar didalam melakukan pembagian waktu.
Seorang siswa yang tidak mampu melakukan pembagian waktu yang baik bisa
menimbulkan kelalaian didalam melaksanakan tugas kewajiban seorang siswa yaitu
belajar, karena terlalu asik internet-an. (Rully P. Dan Delima ).Oleh karena
itu, kita harus bisa memanfaatkan internet ini dengan sebaiknya yang salah
satunya kita harus pandai didalam melakukan pembagian waktu.
BAB IV
PENUTUP
1 Kesimpulan
Internet merupakan suatu
teknologi baru yang bias menghubungkan berbagai data dan informasi secara
mendunia, yang dimana setiap orang bias dengan bebas mengaksesnya. Internet
dalam bidang pendidikan memberikan kontribusi yang besar terhadap kemajuan
pendidikan khususnya di Indonesia. Dengan adanya internet maka bias
meningkatkan mutu kualitas bangsa, Khususnya pelajar, dengan adanya internet
ini maka akan memberikan pengaruh yang positif terhadap prestasi siswa.
Hal ini disebabkan oleh
dengan adanya internet, maka dapat memudahkan siswa baik itu mengerjakan tugas
sekolahnya maupun untuk mencari berbagai informasi dan pengetahuan yang ada
didalam internet. Dengan demikian seorang siswa yang sering membuka internet
terutama membuka situs-situs pendidikan maka akan membuat dirinya itu memiliki
wawasan yang luas, dan tidak akan ketinggalan dengan kemajuan zaman, yang
akhirnya akan berimbas pada peningkatan nilai prestasi siswa tersebut.
Namun selain dari
manfaat, internet juga memiliki dampak negatif bagi generasi penerus yang
membuka internet. Apakah internet itu memberikan manfaat untuk siswa atau
dampak negatif siswa tergantung pada diri siswa itu sendiri. Apabila internet
digunakan untuk meningkatkan prestasi, maka akan memberikan banyak manfaat
untuk siswa. Namun apabila digunakan untuk sesuatu yang negatif maka akan
memberikan dampak yang negatif juga untuk diri siswa.
2 Saran
Dari uraian diatas
penulis berharap agar kita bisa memanfaatkan segala teknologi yang ada termasuk
internet untuk kemajuan bangsa. Karena kemajuan suatu bangsa ditentukan oleh tingkat
kualitas pendidikan. Suatu teknologi akan mengakibatkan apa saja itu semua
tergantung pada diri kita masing-masing. Jangan mempergunakan internet untuk
sesuatu yang dapat merugikan orang lain, atau dapat menimbulkan suatu masalah.
Manfaatkanlah internet sebagai media pembelajaran dalam rangka menuju masa
depan yang cerah dengan pengetahuan yang luas dan kritis.
Pendampingan Orangtua
Untuk menangkal pengaruh negatif internet pada siswa, ada beberapa hal yang
harus dilakukan.
- Selalu dampingi anak ketika mereka sedang mengakses internet. Hal ini untuk memastikan bahwa anak telah mengakses situs yang tepat.
- Jika fasilitas internet tersedia di rumah, letakkan fasilitas tersebut di ruang bersama. Hal ini untuk memudahkan orangtua mengawasi anak.
- Jika harus menggunakan fasilitas internet di warnet, bantu anak memilih warnet ‘sehat’. Akan lebih bijaksana, jika Anda mengenal pemilik dan petugas di sana. Ini untuk memudahkan Anda mengawasi anak.
- Beri pemahaman yang baik pada anak tentang pengaruh positif dan negatif internet bagi dirinya. Dengan demikian, Anda sudah membekalinya dengan benteng pertahanan diri.
- Ada baiknya, Anda juga mengenali teman dan lingkungan anak Anda. Teman dan lingkungan yang baik adalah benteng pertahanan luar anak.
- Untuk mencegah penculikan dan pelecehan pada anak, ingatkan mereka agar tidak mudah percaya pada siapa pun di internet. Ingatkan pula untuk tidak mencantumkan hal-hal yang bersifatpribadi yang mudah diakses orang lain.