MAKALAH CENDIKIAWAN ISLAM
I.
BAPAK SOEKARNEN KERTOREDJO
Sejarah
Singkat
Setelah bangsa Indonesia
memproklamirkan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945, maka akibat Clash yang
pertama dengan pemerintah Kolonia Belanda, Pemerintah Pusat Republik Indonesia
pindah kedudukan dari Jakarta ke Yogyakarta.
Kementrian Kemakmuran sebagai salah
satu dari Kementrian yang ada, pada masa itu pindah berkedudukan di Kota
Magelang. Kepal Bagian Pendidikan dari Pusat Jawatan Perindustrian dan
Kerajinan dari Menteri Kemakmuran adalah Bapak Soekarnen Kertoredjo seorang
yang energik dan berpandangan jauh, timbul inisiatif pada tahun 1947 untuk
mendirikan Sekolah Teknologi Menengah Atas (STMA) dan berkedudukan di kota
Magelang.
Beliau yakin bahwa disamping Bangsa
Indonesia berjuang secara fisik untuk menegakkan Kemerdekaan, haruslah pula
difikirkan pembangunan Negara dalam segala lapanga, pandangan beliau telah
sampai pada industrialisasi dan untuk ini maka pendidikan tenaga ahli dalam
lapangan Teknologi sangat diperlukan.
Bila dilihat dari data yang ada pada
waktu itu perhatian masyarakat terhadap berdirinya STMA, cukup besar dan
menggembirakan. Sebagaimana tertulis dalam sejarah perjuangan Negara Republik
Indonesia, pada bulan Desember 1948 Kolonialis Belanda melancarkan aksinya ke
daerah Republik Indonesia sehingga kota Yogyakarta dan Magelang didudukinya.
Selama pendudukan ini STMA terpaksa tidak melaksanakan kegiatan pendidikan dan
pelajaran.
Setelah pertengahan tahun 1949
Pemerintah Kolonial Belanda meninggalkan seluruh Daerah Yogyakarta sebagai
hasil perundingan dengan Pemerintah R.I. di Kaliurang, yang sangat terkenal
dinamakan Room Royen Statesmen, maka atas desakan para siswa STMA, kurang lebih
akhir tahun 1949 kegiatan STMA dapat dimulai kembali dengan menempati sebagian
ruangan gedung Kementrian Kemakmuran di Balapan Yogyakarta.
Surat Keputusan Pengukuhan berdirinya
STMA adalah seperti tersebut pada Surat Keputusan Menteri Perekonomian tanggal
20 Juli 1954 Nomor 10606 /M. Alangkah sayangnya sebelum mengetahui perkembangan
lebih lanjut, pada tahun 1949 Bapak Soekarnen Kertoredjo meninggal dunia di
kota Magelang. Seluruh keluarga STMA menganggap Bapak Soekarnen sebagai pendiri
dan Bapak STMA.
Untuk selanjutnya cita-cita dari pada
Bapak Soekarnen maka Bapak Soejono Hatmoseputro almarhum yang pada waktu itu
sebagai pejabat Kepala Bagian Pendidikan dari Jawatan Perindustrian Kementrian
Kemakmuran membimbing dan meneruskan tegaknya STMA.
Dikarenakan gedung bekas Kementrian
Kemakmuran di Komplek Balapan Yogyakarta tidak lagi sesuai untuk tempat
pendidikan para siswa, maka pada bulan Juni 1956 STMA dengan resmi pindah ke
gedung baru yang berada di Jalan Kusumanegara No. 1 (sekarang menjadi Jalan
Kusumanegara No. 3) Yogyakarta sampai dengan sekarang.
Sejak berdirinya, murid STMA berasal
dari seluruh Indonesia dan mendapatkan ikatan dinas sampai tahun ajaran
1964/1965. Dalam masa perjuangan Pembebasan Irian Barat (Trikora), STMA
Yogyakarta termasuk yang pertama menerima putera daerah Irian Barat (Irian
Jaya). Disamping itu SMTI Yogyakarta pada awal integrasi pernah juga menerima
siswa tugas belajar dari Propinsi Timor TImur.
Dengan berakhirnya ikatan dinas serta telah
berdirinya STMA di daerah-daerah maka akhirnya sebagian besar murid dari
Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, sebagian dari Propinsi Jawa
Barat, DKI Jakarta, Jawa Timur serta sebagian kecil dari luar Jawa.
Pada masa Ikatan Dinas yang siswanya
berasal dari berbagai daerah. Setelah selesai pendidikan selanjutnya kembali ke
daerah masing-masing. Para alumni STMA yang telah bekerja di daerah, merasa
bahwa di daerahnya diperlukan tenaga menengah untuk mengisi perkembangan
pembangunan di daerahnya. Oleh sebab itu
di beberapa daerah muncul sekolah sejenis STMA Yogyakarta.
Pada tanggal 24 Juni 1985 dengan
Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 235/M/SK/6/1985, STMA Yogyakarta termasuk
sekolah sejenis yang lain diganti namanya menjadi Sekolah Menengah Teknologi
Industri (SMTI) yang berkedudukan di Yogyakarta, Ujung Pandang, Banda Aceh,
Tanjung Karang, Pontianak, dan Padang.
Lulusan STMA Yogyakarta dari tahun
1951/1952 sampai sekarang penghargaan ijazah/STTB STMA/SMTI adalah sebagai
berikut :
1. Dengan Surat Kementrian
Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan tanggal 9 Maret 1955 No. 1267/B/V
dihargai sebagai Ijazah Negeri Sekolah Menengah Atas Bagian B.
2. Dengan Surat Kementrian Pendidikan,
Pengajaran dan Kebudayaan tanggal 27 April 1955 No. 2155/B/V dihargai sebagai
Ijazah Negeri Sekolah lanjutan Vak Tingkat Atas.
3. Berdasarkan Keputusan Menteri
Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 03/C/I/Kep/79 tanggal 13 Januari 1979
dinilai/dihargai setingkat dengan Ijazah/STTB SLTA Negeri Kejuruan.
4. Berdasarkan Keputusan Menteri
Pendidikan dan Kebudayaan tanggal 9 Oktober 1987 Nomor 177/C/Kep/87,
Ijazah/STTB SMTI dihargai sama dengan STTB Sekolah Menengah Kejuruan (SMKT)
Negeri.
Sekolah Menengah Teknologi Industri
(SMTI ) Yogyakarta saat ini berusia lebih dari 64 (enam puluh empat)
tahun. Usia yang dapat dibilang dewasa. Selama itu pula telah terjadi estafet
kepemimpinan. Adapun beberapa pimpinan yang telah menduduki jabatan sebagai Kepala
SMTI Yogyakarta adalah sebagai berikut :
- Soekarnen Kertoredjo Tahun 1947 –
1949, beliau sekaligus pendiri STMA
- Abuyono, tahun 1950 – 1952
- Amir Husen Siregar, tahun 1952 –
1953
- M. Soewarto, tahun 1953 -1954
- Ir. M. Busthanim, tahun 1955 – 1974
- Ir .M. Soekmono, tahun 1972 – 1977
- Abdullah Syatari, SH., tahun 1977 –
1983
- Hadi Soenarno, BSc., tahun 1983 –
1986
- Ir. Pietoyo Soekarbowo, tahun 1986
– 1987
- Wahidoen Abdoel Aziz, BSc., tahun
1987 – 1994
- B. Subanto,BA., tahun 1994 – 1999
- Dra. Hj. Surajiyah, MM., tahun 1999
– 2009
- Dra. Tri Ernawati, M.Si., tahun
2009 – sekarang
ILMUWAN ISLAM MASA BANI ABBASYIAH
(Masa Kejayaan Umat Islam)
I.
AL-KINDI
AL-KINDI lahir di kurafah(irak) tahum 801 M.Ia
adalah pemikir islam pertama yang menyelaraskan filsafat dan agama. Menurutnya,
filsafat adalah ilmu yang mulia. Ia juga melukiskan filsafat sebagai ilmuan
kearifan dari segala kearifan.
Menurut Al-kindi, filsafat dibagi menjadi tiga
bagian .Pertama, Ilmu fisika(ilmu tibbiyyat) sebagai tingkat terbawah. Kedua ,
ilmu matematika (ilmu al-rubbubiyah) pada tingkatan tertinggi. Salah satu pokok
bahasan al-kindi adalah mengenal jiwa atau roh,dan membaginya menjadi tiga
daya.Pertama daya bernafsu,kedua daya pemarah, ketiga daya berpikir.Menurutnya,
daya berpikir adalah daya tertinggi
karena menyangkut manusia kepada derajatnya yang paling tinggi.Al-kindi
wafat tahun 869M.
II.
AL-FARABI
Lahir di kota Farab tahun 257H/970M. Setelah
dewasa ia belajar kepada Abu Bisri Bin Mathius . Di irak , ia banyak
mempelajari filsafat ,logika, matematika,etika ilmu,politik dan music.
Al-farabi menjadi guru bagi Ibnu Sina,Ibnu
Rusyd, dan filusuf islam yang dating. Oleh karena itu beliau mendapat julukan
gelar GURU KEDUA(AL-MU’ALLIMU AL-TSANI)
sebagai lanjutan dari Aristoteles yang mendapat gelar guru pertama.karangan
kitab al farabi sebagai berikut:
·
Agrad kitab ma ba’da at-Tabi’ah
·
Al-jam’u Baina Ra’yi al-hakimaini(
Mempertemukan dua pendapat Plato dan Aristoteles)
·
Tahsil as-Sa’adah(mencari kebahagiaan)
·
Uyun al-Masa’il(Pokok-pokok persoalan)
·
Ihsa’ al-Ulum(Statistik lmu)
·
Al-farabi wafat di Damsyik tahun 339H/950M pada
usia 80 tahun.
III.
IBNU SINA
Lahir di Afsyanah pada tahun 980M.Di barat ia
sering disebut Avicena sewaktu umur 17 Tahun ia dikenal dengan seorang dokter
dan pernah diminta untuk mengobati pangeran Nuh bin Mansur, Seorang penguasa
dinasti Samaniah.
Ia mendapat gelar asy-Syaikh Ar’rais(Guru para
raja) dan dibidang kedokteran diberi gelar pangeran para dokter.
Karya ibnu sina antara lain:
·
As-syifa’(Penyembuh)
·
Al-Qanun fi at-Tibb(Peraturan-Peraturan
kedokteran)
·
Uyun al-hikmah(Mata air hikmah)
·
Mantiq al-masyriqiyyin(Logika Timur)
·
Al-isyarah wa at-Tanbihat
Selain dalam bidang kedokteran ibnu sina juga
memberikan andil dalam ilmu pengetahuan yang lain yaitu ilmu astronomi dengan
bukunya yang berjudul al-Magest(buk tentang astronomi).
IV.
IBNU RUSYD
Dilahirkan di Cordoba,Sepanyol pada 520H/1126M
. Ia dikenal dengan seorang dokter ,ahli hokum ,dan tokoh filusuf yang menonjol
pada periode perkembangan filsafat islam. Di dunia barat ia dikenal dengan
sebutan Averoes . Ia jug pernah menjadi hakim di sevilla dan kota-kota lainnya
di sepanyol.
Ia adalah perintis ilmu kedokteran umum dan
juga HISTOLOGI (ilmu jaringan tubuh). Jasa nya lain adalah dibidan penelitian
pembuluh darah dan cacar. Salah satu buku karangannya adalah al-kulliyat. Yang
diterjemahkan dalam bahasa inggris yaitu Gneral roles of medicine.
Ia juga filusuf yang membela para filusuf dari
serangan Al-ghazali yang menunding para filusuf telah sesat karenanya telah
menjadi kafir. Pembelaan itu dapat kita lihat dalam bukunya yang berjudul
Tahafut at-Tahafut.Karyanya yang lain ada 78 buah, dan masih tersimpan baik di
escurial Madrid. Ia meninggal di Maroko tahun 595H/10 Desember 1198 M.
V.
IBNU HAITAM (ALHAZEN)
Dilahirkan di basrah tahun 354H/965M. Ia adalah
seorang yang ahli dalam ilmu fisika dan matematika yang disengani sejak abad
11, ia juga tercatat sebagai ahli fisika muslim pertama.
Menurut Wiliam Drapper dalam History of the intellectual development Of
Europe, al hazen adalah orang pertama yang membenarkan konsep Yunani
tentang penglihatan.karya-karyanya didasarkan pada anatomi dan pembahasan
geometri. Antara lain karyanya yaitu sbb:
·
Muqalah fi Istikhraj Samt al-Qiblah
·
Muqalah fi Hayat al-alam
·
Kitab fi al-manasit(kamus optic)
·
Maqalah fi Daw al-Qamar
George Sartan dan Dr. Donald menyebutnya
sebagai The Greatest Student of Optics of
All Times.
VI.
MUHAMMAD IBNU MUSA AL-KHAWARIZMI
Nama lengkapnya adalah Abu Abdullah Muhammad
Ibnu Musa al-Khawarizmi. Dilahirkan di khawarizmi Uzbekistan tahun 194H/780M.
Menurut George Sertan ,bahwa Al-Khawarizmi adalah ilmuwan muslim terbesar dan
terbaik pada masa itu dan Al-Khawarizmi adalah ahli matematika terbesar pada
masa itu.
Pada mas Khalifah al-Ma’mun (raja dinasti
abbasyiah) ia bekerja pada BAITUL HIKMAH(Rumah Kearifan) di Baghdad.bekerja di
insernatarium tempat ia menekuni matematika dan astronominya.
Ia adalah penemu SESUNGGUHNYA
Algorisme(Logaritma) dia juga yang
menjebatani matematika klasik (Yunani India) menjadi matematika modern. Di
Eropa ia sering di sebut algorismi atau algorism.pada abad pertengahan algorism
dipakai orang barat dalam arti kata Aritmatika(ilmu hitung). diantara karyanya
adalah ;”Hisab al-jabr Wa
al-Muqabalan”(perhitungan integrasi dan persamaan)
Selain itu semua , AL-Khawarizmi juga
menciptakan angka 6,7,8,9,dan selanjutnya menciptakan angka sifr atau nol.
Angka nol inilah kita bias menghitung angka puluhan,ratusan,ribuan dst.ia
meninggal pada tahun 266H/850M di Bghdad.
VII.
AR-RAZI
Dilahirkan di Rayy tahun 865 M. ia adalah
seorang dokter dan filusuf besar pada mas itu .setelah mempelajari ilmu
matematika,astronomi,logika,sastra dan kimia, ia melanjutkan ilmu kedokteran
dan filsafat.
karya ar razi mencapai 232 buku atau risalah dan
sebagian besar pada bidang kedokteran.
Karya karya ar razi adalah sebagai berikut:
·
Al-Hawi
Sebuah ensiklopedi kedokteran berjumlah 20 jilid , yang
berisi tentang kedokteran
Yunani,Arab,dan Suriah, yang ditulis dari hasil penelitiannya,
·
Fi al-Judari wa al-Hasbat
Buku yang membahas campak dan cacar Ar-razi meninggal pada tahun 932M.
ILMU HADIS MASA ABBASYIAH
I.
IMAM AL-BUKHARI
Lahir di Bukhara pada tahun 810 M . Sejak kecil
sudah belajar ilmu hadist dari ayahnya, yang juga ahli ilmu hadist yang
memiliki hubungan baik dengan ibnu malik,Muhammad bin zaid,dan Abdullah bin
Mubarak. Pada usia 16 tahun ia belajar hadist pada ad-Dakhili, sejak
kanak-kanak Imam bukhari telah mampu menghafal hadis sebanyak 70000 buah,
kemudian pada umur 16 tahun telah hafal ilmu hadist karangan ibnu al-mubarrak
dan Wakil al-jarrah.Ia berguru lebih dari 1000 guru. Dan menurut riwayatnya Ia
menulis dan menyusun Kitab Sahih Bukhari sebagai hasil menemui 1080 guru dalam
bidang ilmu hadist.mulai dari Tabi’in hingga murid yang belajar bersama imam
bukhari.
Kecerdasan imam bukhari juga dapat dilihat dari
kemampuannya melakukan kritik sanad,matan, dan rawi hadist.
Dalam mengumpulkan al-hadist imam bukhari
melakukan Rikhlah ilmiah mulai dari
Balkh,Nisabur,Rayy,Baghdad,kufah,Mekah,mesir,damaskus,Hims,dan qaisyariyah.Ia
menetap dua tahun di makah kemudian melanjutkan ke madinah.perjalanan semua ini
membutuhkan waktu +-16 tahun.
Karyanya antara lain sebafai berikut;
·
Al-Jami’ as-Sahih al-Bukhari
·
At-Tarikh as-sagir
·
At-tarikh al-ausat
·
Kitab al-‘illal
·
Asami as-sahabah dan kitab al kuna
·
Kitab ad-du’afa
·
Dsb
Imam bukhari meninggal di Khartanak tahun 870 M
II.
IMAM MUSLIM
Lahir pada tahun 817 M di Nisabur. Ia dan Imam
bukhari sering disebut syaikhani atau dua syekh. Ia pergi ke irak,hijaz,suriah,
dan negri negri lainnya untuk memperdalam ilmu hadist. Selain kepada imam bukhari
, ia juga belajar pada imam bin hambali,Abdullah bin qorir, qutaybah bin said,
dan yang lainnya.
Karya terbesar imam muslim adalah al-Jami’ as-Sahih Muslim atau dikenal
dengan Sahih muslim yang berada di tingkat kedua setelah sahih Bukhari.
Imam muslim meninggal di Nisabur tahun 875M.
III.
ABU DAWUD
Dilahirkan di Baghdad pada tahun 817 M. Ia
melakukan rihlah untuk mempelajari hadis ke berbagi wilayah dan ia juga banyak
belajar dari berbagai guru.
Kitab karya abu dawud adalah Sunan Abi Dawud .dalam kitab ini
terdapat 4800 hadist dari sekitar 500.000 hadis yang dikumpulkannya.
Abu dawud meninggal di zbasrah pada tahun 888M.
DAFTAR PUSTAKA
Khasanah,Siti.2008.SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM.Solo:Penerbit dan Percetakan Putra
Kertowatan.
Laily,Nurul.2006.SEJARAH ISLAM.Yogyakarta:Erlangga