MAKALAH SEJARAH MASUK DAN BERKEMBANGNYA AGAMA HINDU BUDHA DI INDONESIA
PENDAHULUAN
A. LATAR
BELAKANG
Indonesia adalah
bangsa yang majemuk, terkenal dengan keanekaragaman dan keunikannya. Terdiri
dari berbagai suku bangsa, yang mendiami belasan ribu pulau yang tidak terlepas
dari pengaruh budaya luar, salah satunya pengaruh budaya India. Kebudayaan
India masuk ke Indonesia pada saat Indonesia masih mengalami masa pra-sejarah.
Masuknya kebudayaan India ini sekaligus menandai berakhirnya masa pra-sejarah
dan mulai membawa bangsa Indonesia ke jaman sejarah, karena sejak saat
itu bangsa kita mulai mengenal tulisan. Pengaruh hindu-budha ini dapat terlihat
dari berbagai macam peninggalan-peninggalan yang tersebar hampir disetiap
pulau-pulau di Indonesia yang kini menjadi kebanggaan tersendiri bagi
bangsa ini yang berasal dari berbagai kerajaan Hindu-Budha yang merupakan cikal
bakal terbentuknya bangsa ini. Dengan hadirnya kebudayaan India di Indonesia
banyak sekali aspek yang dipengaruhinya antara lain seni, agama, tradisi,
bangunan dan lain-lain. Sebagai generasi penerus bangsa pertama kita wajib
mengetahui sejarah bangsa ini. Sehingga penyusun merasa perlu untuk menyusun
artikel ini agar dapat membantu dan memudahkan pembaca untuk mengetahui sejarah
dan pengaruh kebudayaan India di Indonesia
B. RUMUSAN
MASALAH
1.
Bagaimana Sejarah Munculnya Agama Hindu Budha?
2.
Bagaimana proses
masuknya kebudayaan dan agama Hindu Budha di Indonesia?
3.
Bagaimana
perkembangan kerajaan-kerajaan Hindu Budha di Indonesia ?
4.
Peninggalan apa saja
yang dihasilkan dari kerajaan Hindu Budha ?
5.
Bagaimana pengaruh
kebudayaan dan agama Hindu Budha di Indonesia ?
C. TUJUAN
PENULISAN
1.
Mengetahui Sejarah munculnya Agama Hindu Budha
2.
Mengetahui proses
masuknya kebudayaan dan agama Hindu Budha di Indonesia.
3.
Mengetahui
perkembangan kerajaan-kerajaan Hindu Budha di Indonesia.
4.
Mengetahui
peninggalan kerajaan Hindu Budha.
5.
Mengetahui pengaruh
kebudayaan dan agama Hindu Budha di Indonesia.
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
SEJARAH AGAMA HINDU
Asal-usul Agama Hindu di dunia dimulai dari masuknya
Bangsa Arya ke India sejak 1500 SM. Masuknya Bangsa Arya ke India membawa perubahan
yang sangat besar dalam tata kehidupan masyarakat India. Perubahan tersebut
terjadi karena Bangsa Arya mengadakan integrasi kebudayaan dengan Bangsa
Dravida dan selanjutnya integrasi ini melahirkan agama Hindu.
Asal-usul Agama Hindu Bangsa Arya mulai menulis
kitab-kitab suci Weda. Kitab suci ini dituliskan dalam 4 bagian seperti Reg
Weda, Sama Weda, Yayur Weda, dan Atharwa Weda. Peradaban dan kehidupan bangsa
Hindu jelas terdapat juga dalam kitab Brahmana atau dalam kitab Upanisad.
Ketiga kitab inilah yang menjadi dasar pemikiran dan dasar kehidupan
orang-orang Hindu. Asal-usul agama Hindu ditindaklanjuti dengan adanya
perubahan corak kehidupan di India. Corak kehidupan masyarakat Hindu tersebut
dibedakan atas 4 kasta, diantaranya:
1.
Kasta Brahmana: Keagamaan.
2.
Kasta Ksatria: Pemerintahan.
3.
Kasta Wacyd (Waisya): Pertanian dan
perdagangan.
4.
Kasta Cudra (Sudra): Kaum pekerja kasar.
Kepercayaan Bangsa Hindu bersifat politeisme (memuja
banyak dewa). Di dalam pemujaan terhadap dewa itu sering dibuatkan
patung-patung yang disesuaikan dengan peranan dewa tersebut di dalam kehidupan
manusia. Patung-patung itu merupakan simbol dari dewa-dewa yang disembahnya
seperti misalnya Dewa Brahma sebagai Dewa Pencipta, Dewa Wisnu sebagai Dewa
Pelindung, dan Dewa Siwa sebagai Dewa Pelebur atau Pembinasa. Ketiga dewa itu
diberi nama Tri Murti. Tri Murti sendiri berarti yang Maha Kuasa. Sedangkan
dewa-dewa lainnya yang dipuja seperti Dewi Saraswati sebagai Dewi Kesenian dan
Ilmu Pengetahuan, Dewi Sri sebagai Dewi Kesuburan, dan lain sebagainya.
Agama Hindu (Bahasa Sanskerta: Sanātana Dharma सनातन धर्म “Kebenaran Abadi” ), dan Vaidika-Dharma (“Pengetahuan Kebenaran”)
adalah sebuah agama yang berasal dari anak benua India. Agama ini merupakan
lanjutan dari agama Weda (Brahmanisme) yang merupakan kepercayaan bangsa
Indo-Iran (Arya). Agama ini diperkirakan muncul antara tahun 3102 SM sampai
1300 SM dan merupakan agama tertua di dunia yang masih bertahan hingga kini.
Agama ini merupakan agama ketiga terbesar di dunia setelah agama Kristen dan
Islam dengan jumlah umat sebanyak hampir 1 miliar jiwa.
Penganut agama Hindu sebagian besar terdapat di anak
benua India. Di sini terdapat sekitar 90% penganut agama ini. Agama ini pernah
tersebar di Asia Tenggara sampai kira-kira abad ke-15, lebih tepatnya pada masa
keruntuhan Majapahit. Mulai saat itu agama ini digantikan oleh agama Islam dan
juga Kristen. Pada masa sekarang, mayoritas pemeluk agama Hindu di Indonesia
adalah masyarakat Bali, selain itu juga yang tersebar di pulau Jawa,Lombok,
Kalimantan (Suku Dayak Kaharingan), Sulawesi (Toraja dan Bugis – Sidrap).
ETIMOLOGI
Dalam bahasa Persia, kata Hindu berakar dari kata Sindhu (Bahasa Sanskerta). Dalam Reg Weda, bangsa Arya menyebut wilayah mereka sebagai Sapta Sindhu (wilayah dengan tujuh sungai di barat daya anak benua India, yang salah satu sungai tersebut bernama sungai Indus). Hal ini mendekati dengan kata Hapta-Hendu yang termuat dalam Zend Avesta (Vendidad: Fargard 1.18) — sastra suci dari kaum Zoroaster di Iran. Pada awalnya kata Hindu merujuk pada masyarakat yang hidup di wilayah sungai Sindhu. Hindu sendiri sebenarnya baru terbentuk setelah Masehi ketika beberapa kitab dari Weda digenapi oleh para brahmana. Pada zaman munculnya agama Buddha, agama Hindu sama sekali belum muncul semuanya masih mengenal sebagai ajaran Weda.
ETIMOLOGI
Dalam bahasa Persia, kata Hindu berakar dari kata Sindhu (Bahasa Sanskerta). Dalam Reg Weda, bangsa Arya menyebut wilayah mereka sebagai Sapta Sindhu (wilayah dengan tujuh sungai di barat daya anak benua India, yang salah satu sungai tersebut bernama sungai Indus). Hal ini mendekati dengan kata Hapta-Hendu yang termuat dalam Zend Avesta (Vendidad: Fargard 1.18) — sastra suci dari kaum Zoroaster di Iran. Pada awalnya kata Hindu merujuk pada masyarakat yang hidup di wilayah sungai Sindhu. Hindu sendiri sebenarnya baru terbentuk setelah Masehi ketika beberapa kitab dari Weda digenapi oleh para brahmana. Pada zaman munculnya agama Buddha, agama Hindu sama sekali belum muncul semuanya masih mengenal sebagai ajaran Weda.
KEYAKINAN DALAM AGAMA HINDU
Hindu seringkali dianggap sebagai agama yang beraliran
politeisme karena memuja banyak Dewa, namun tidaklah sepenuhnya demikian. Dalam
agama Hindu, Dewa bukanlah Tuhan tersendiri. Menurut umat Hindu, Tuhan itu Maha
Esa tiada duanya. Dalam salah satu ajaran filsafat Hindu, Adwaita Wedanta
menegaskan bahwa hanya ada satu kekuatan dan menjadi sumber dari segala yang
ada (Brahman), yang memanifestasikan diri-Nya kepada manusia dalam beragam
bentuk.
Dalam Agama Hindu ada lima keyakinan dan kepercayaan yang
disebut dengan Pancasradha. Pancasradha merupakan keyakinan dasar umat Hindu.
Kelima keyakinan tersebut, yakni:
1. Widhi Tattwa – percaya kepada Tuhan
Yang Maha Esa dan segala aspeknya
2. Atma Tattwa – percaya dengan adanya
jiwa dalam setiap makhluk
3. Karmaphala Tattwa – percaya dengan
adanya hukum sebab-akibat dalam setiap perbuatan
4. Punarbhava Tattwa – percaya dengan
adanya proses kelahiran kembali (reinkarnasi)
5. Moksa Tattwa – percaya bahwa
kebahagiaan tertinggi merupakan tujuan akhir manusia
KONSEP KETUHANAN
Agama Hindu merupakan agama tertua di dunia dan rentang
sejarahnya yang panjang menunjukkan bahwa agama Hindu telah melewati segala
paham ketuhanan yang pernah ada di dunia. Menurut penelitian yang dilakukan
oleh para sarjana, dalam tubuh Agama Hindu terdapat beberapa konsep ketuhanan,
antara lain henoteisme, panteisme, monisme, monoteisme, politeisme, dan bahkan
ateisme. Konsep ketuhanan yang paling banyak dipakai adalah monoteisme
(terutama dalam Weda, Agama Hindu Dharma dan Adwaita Wedanta), sedangkan konsep
lainnya (ateisme, panteisme, henoteisme, monisme, politeisme) kurang diketahui.
Sebenarnya konsep ketuhanan yang jamak tidak diakui oleh umat Hindu pada
umumnya karena berdasarkan pengamatan para sarjana yang meneliti agama Hindu
tidak secara menyeluruh.
PUSTAKA SUCI
Ajaran agama dalam Hindu didasarkan pada kitab suci atau
susastra suci keagamaan yang disusun dalam masa yang amat panjang dan
berabad-abad, yang mana di dalamnya memuat nilai-nilai spiritual keagamaan
berikut dengan tuntunan dalam kehidupan di jalan dharma. Di antara susastra
suci tersebut, Weda merupakan yang paling tua dan lengkap, yang diikuti dengan
Upanishad sebagai susastra dasar yang sangat penting dalam mempelajari filsafat
Hindu. Sastra lainnya yang menjadi landasan penting dalam ajaran Hindu adalah Tantra,
Agama dan Purana serta kedua Itihasa (epos), yaitu Ramayana dan Mahabharata.
Bhagawadgita adalah ajaran yang dimuat dalam Mahabharata, merupakan susastra
yang dipelajari secara luas, yang sering disebut sebagai ringkasan dari Weda.
Hindu meliputi banyak aspek keagamaan, tradisi, tuntunan
hidup, serta aliran/sekte. Umat Hindu meyakini akan kekuasaan Yang Maha Esa,
yang disebut dengan Brahman dan memuja Brahma, Wisnu atau Siwa sebagai
perwujudan Brahman dalam menjalankan fungsi sebagai pencipta, pemelihara dan
pelebur alam semesta.
Secara umum, pustaka suci Hindu dibagi menjadi dua
kelompok, yaitu kelompok kitab Sruti dan kelompok kitab Smerti.
* Sruti berarti “yang didengar” atau wahyu. Yang
tergolong kitab Sruti adalah kitab-kitab yang ditulis berdasarkan wahyu Tuhan,
seperti misalnya Weda, Upanishad, dan Bhagawadgita. Dalam perkembangannya, Weda
dan Upanishad terbagi lagi menjadi bagian yang lebih kecil, seperti misalnya
Regweda dan Isopanishad. Kitab Weda berjumlah empat bagian sedangkan kitab
Upanishad berjumlah sekitar 108 buah.
* Smerti berarti “yang diingat” atau tradisi. Yang
tergolong kitab Smerti adalah kitab-kitab yang tidak memuat wahyu Tuhan,
melainkan kitab yang ditulis berdasarkan pemikiran dan renungan manusia,
seperti misalnya kitab tentang ilmu astronomi, ekonomi, politik, kepemimpinan,
tata negara, hukum, sosiologi, dan sebagainya. Kitab-kitab smerti merupakan
penjabaran moral yang terdapat dalam kitab Sruti.
KARAKTERISTIK
Dalam agama Hindu, seorang umat berkontemplasi tentang misteri Brahman dan mengungkapkannya melalui mitos yang jumlahnya tidak habis-habisnya dan melalui penyelidikan filosofis. Mereka mencari kemerdekaan dari penderitaan manusia melalui praktik-praktik askese atau meditasi yang mendalam, atau dengan mendekatkan diri kepada Tuhan melalui cinta kasih, bakti dan percaya (Sradha).
Dalam agama Hindu, seorang umat berkontemplasi tentang misteri Brahman dan mengungkapkannya melalui mitos yang jumlahnya tidak habis-habisnya dan melalui penyelidikan filosofis. Mereka mencari kemerdekaan dari penderitaan manusia melalui praktik-praktik askese atau meditasi yang mendalam, atau dengan mendekatkan diri kepada Tuhan melalui cinta kasih, bakti dan percaya (Sradha).
Umat Hindu juga menyebut agamanya sebagai Sanatana Dharma
yang artinya Dharma yang kekal abadi.
Menurut kepercayaan para penganutnya, ajaran Hindu
langsung diajarkan oleh Tuhan sendiri, yang turun atau menjelma ke dunia yang
disebut Awatara. Misalnya Kresna, adalah penjelmaan Tuhan ke dunia pada zaman
Dwaparayuga, sekitar puluhan ribu tahun yang lalu. Ajaran Kresna atau Tuhan
sendiri yang termuat dalam kitab Bhagawadgita, adalah kitab suci Hindu yang
utama. Bagi Hindu, siapapun berhak dan memiliki kemampuan untuk menerima ajaran
suci atau wahyu dari Tuhan asalkan dia telah mencapai kesadaran atau
pencerahan. Oleh sebab itu dalam agama Hindu wahyu Tuhan bukan hanya terbatas
pada suatu zaman atau untuk seseorang saja. Bahwa wahyu Tuhan yang diturunkan
dari waktu ke waktu pada hakekatnya adalah sama, yaitu tentang kebenaran, kasih
sayang, kedamaian, tentang kebahagiaan yang kekal abadi, tentang hakekat akan
diri manusia yang sebenarnya dan tentang dari mana manusia lahir dan mau ke
mana manusia akan pergi, atau apa tujuan yang sebenarnya manusia hidup ke
dunia.
ENAM FILSAFAT HINDU
Terdapat dua kelompok filsafat India, yaitu Astika dan
Nastika. Nastika merupakan kelompok aliran yang tidak mengakui kitab Weda,
sedangkan kelompok Astika sebaliknya. Dalam Astika, terdapat enam macam aliran
filsafat. Keenam aliran filsafat tersebut yaitu: Nyaya, Waisasika, Samkhya,
Yoga, Mimamsa, dan Wedanta. Ajaran filsafat keenam aliran tersebut dikenal
sebagai Filsafat Hindu. Kelompok Nastika umumnya kelompok yang lahir ketika
Hindu masih berbentuk ajaran Weda dan kitab Weda belum tergenapi. Hindu baru
muncul selah adanya kelompok Astika. Kedua kelompok tersebut antara Astika dan
Nastika merupakan kelompok yang sangat berbeda (Nastika bukanlah Hindu)
Terdapat enam Astika (filsafat Hindu) — institusi
pendidikan filsafat ortodok yang memandang Weda sebagai dasar kemutlakan dalam
pengajaran filsafat Hindu — yaitu: Nyāya, Vaisheṣhika, Sāṃkhya, Yoga, Mīmāṃsā
(juga disebut dengan Pūrva Mīmāṃsā), dan Vedānta (juga disebut dengan Uttara
Mīmāṃsā) ke-enam sampradaya ini dikenal dengan istilah Sad Astika Darshana atau
Sad Darshana. Diluar keenam Astika diatas, terdapat juga Nastika, pandangan
Heterodok yang tidak mengakui otoritas dari Weda, yaitu: Buddha, Jaina dan
Carvaka.
Meski demikian, ajaran filsafat ini biasanya dipelajari
secara formal oleh para pakar, pengaruh dari masing-masing Astika ini dapat
dilihat dari sastra-sastra Hindu dan keyakinan yang dipegang oleh pemeluknya
dalam kehidupan sehari-hari.
KONSEP HINDU
Hindu memiliki beragam konsep keagamaan yang diterapkan
sehari-hari. Konsep-konsep tersebut meliputi pelaksanaan yajña, sistem Catur
Warna (kasta), pemujaan terhadap Dewa-Dewi, Trihitakarana, dan lain-lain.
DEWA- DEWI HINDU
Dalam ajaran agama Hindu, Dewa adalah makhluk suci,
makhluk supernatural, penghuni surga, setara dengan malaikat, dan merupakan
manifestasi dari Tuhan Yang Maha Esa. Kata “dewa” berasal dari kata “div” yang
berarti “beResinar”. Dalam kitab suci Reg Weda, Weda yang pertama, disebutkan
adanya 33 Dewa, yang mana ketiga puluh tiga Dewa tersebut merupakan manifestasi
dari kemahakuasaan Tuhan Yang Maha Esa. Di antara Dewa-Dewi dalam agama Hindu,
yang paling terkenal sebagai suatu konsep adalah: Brahmā, Wisnu, Çiwa. Mereka
disebut Trimurti.
Dalam kitab-kitab Weda dinyatakan bahwa para Dewa tidak
dapat bergerak bebas tanpa kehendak Tuhan. Para Dewa juga tidak dapat
menganugerahkan sesuatu tanpa kehendak Tuhan. Para Dewa, sama seperti makhluk
hidup yang lainnya, bergantung kepada kehendak Tuhan. Filsafat Advaita (yang
berarti: “tidak ada duanya”) menyatakan bahwa tidak ada yang setara dengan
Tuhan dan para Dewa hanyalah perantara antara beliau dengan umatnya.
GOLONGAN MASYARAKAT
Dalam agama Hindu, dikenal istilah Catur Warna bukan sama
sekali dan tidak sama dengan kasta. Karena di dalam ajaran Pustaka Suci Weda,
tidak terdapat istilah kasta. yang ada hanyalah istilah Catur Warna. Dalam
ajaran Catur Warna, masyarakat dibagi menjadi empat golongan, yaitu:
*
Brāhmana : golongan para pendeta, orang suci, pemuka
agama dan rohaniwan
*
Ksatria : golongan para raja, adipati, patih,
menteri, dan pejabat negara
*
Waisya : golongan para pekerja di bidang ekonomi
*
Sudra : golongan para pembantu ketiga golongan di
atas
Menurut ajaran catur Warna, status seseorang didapat
sesuai dengan pekerjaannya. Jadi, status seseorang tidak didapat semenjak dia
lahir melainkan didapat setelah ia menekuni suatu profesi atau ahli dalam suatu
bidang tertentu. Catur Warna menekankan seseorang agar melaksanakan
kewajibannya dengan sebaik-baiknya. Keempat golongan sangat dianjurkan untuk
saling membantu agar mereka dapat memperoleh hak. Dalam sistem Catur Warna
terjadi suatu siklus “memberi dan diberi” jika keempat golongan saling memenuhi
kewajibannya.
PELAKSANAAN RITUAL
Dalam ajaran Hindu, Yajña merupakan pengorbanan suci
secara tulus ikhlas kepada Tuhan Yang Maha Esa, kepada para leluhur, kepada
sesama manusia, dan kepada alam semesta. Biasanya diwujudkan dalam ritual yang
sangat erat kaitannya dengan kehidupan umat Hindu. Tujuan pengorbanan tersebut
bermacam-macam, bisa untuk memohon keselamatan dunia, keselamatan leluhur,
maupun sebagai kewajiban seorang umat Hindu. Bentuk pengorbanan tersebut juga
bermacam-macam, salah satunya yang terkenal adalah Ngaben, yaitu ritual yang
ditujukan kepada leluhur (Pitra Yadnya).
SEKTE (ALIRAN) DALAM HINDU
Jalan yang dipakai untuk menuju Tuhan (Hyang Widhi)
jalurnya beragam, dan kemudian dikenallah para dewa. Dewa yang tertinggi
dijadikan sarana untuk mencapai Hyang Widhi. Aliran terbesar agama Hindu saat
ini adalah dari golongan Sekte Waisnawa yaitu menonjolkan kasih sayang dan
bersifat memelihara; yang kedua terbesar ialah Sekte Siwa sebagai pelebur dan
pengembali yang menjadi tiga sekte besar, yaitu Sekte Siwa, Sekte Sakti (Durga
), dan Sekte Ganesha, serta terdapat pula Sekte Siwa Siddhanta yang merupakan
aliran mayoritas yang dijalani oleh masyarakat Hindu Bali, sekte Bhairawa dan
Sekte – Sekte yang lainnya. Yang ketiga ialah Sekte Brahma sebagai pencipta yang
menurunkan Sekte Agni, Sekte Rudra, Sekte Yama, dan Sekte Indra. Sekte adalah
jalan untuk mencapai tujuan hidup menurut Agama Hindu, yaitu moksha (kembali
kepada Tuhan), dan pemeluk Hindu dipersilahkan memilih sendiri aliran yang mana
menurutnya yang paling baik/bagus.
TOLERANSI UMAT HINDU
Agama ini memiliki ciri khas sebagai salah satu agama
yang paling toleran, yang mana di dalam kitab Weda dalam salah satu baitnya
memuat kalimat berikut:
Sansekerta: एकम् सत् विप्रा: बहुधा वदन्ति
Alihaksara: Ekam Sat Vipraaha Bahudhaa Vadanti
Cara baca dalam bahasa Indonesia: Ekam Sat Wiprah Bahuda Wadanti
Bahasa Indonesia: “Hanya ada satu kebenaran tetapi para orang pandai menyebut-Nya dengan banyak nama.”
Cara baca dalam bahasa Indonesia: Ekam Sat Wiprah Bahuda Wadanti
Bahasa Indonesia: “Hanya ada satu kebenaran tetapi para orang pandai menyebut-Nya dengan banyak nama.”
Dalam berbagai pustaka suci Hindu, banyak terdapat sloka-sloka
yang mencerminkan toleransi dan sikap yang adil oleh Tuhan. Umat Hindu
menghormati kebenaran dari mana pun datangnya dan menganggap bahwa semua agama
bertujuan sama, yaitu menuju Tuhan, namun dengan berbagai sudut pandang dan
cara pelaksanaan yang berbeda. Hal itu diuraikan dalam kitab suci mereka
sebagai berikut:
samo ‘haṁ sarva-bhūteṣu na me dveṣyo ‘sti na priyah
ye bhajanti tu māṁ bhaktyā mayi te teṣu cāpy aham
ye bhajanti tu māṁ bhaktyā mayi te teṣu cāpy aham
(Bhagawadgita, IX:29)
Arti:
Aku tidak pernah iri dan selalu bersikap adil terhadap
semua makhluk.
Bagi-Ku tidak ada yang paling Ku-benci dan tidak ada yang paling Aku kasihi.
Tetapi yang berbakti kepada-Ku, dia berada pada-Ku dan Aku bersamanya pula
Bagi-Ku tidak ada yang paling Ku-benci dan tidak ada yang paling Aku kasihi.
Tetapi yang berbakti kepada-Ku, dia berada pada-Ku dan Aku bersamanya pula
Ye yathā mām prapadyante tāms tathaiva bhajāmy aham,
mama vartmānuvartante manusyāh pārtha sarvaśah
mama vartmānuvartante manusyāh pārtha sarvaśah
(Bhagawadgita, 4:11)
Arti:
Jalan mana pun yang ditempuh seseorang kepada-Ku,
Aku memberinya anugerah setimpal. Semua orang mencari-Ku
dengan berbagai jalan, wahai putera Partha (Arjuna)
Aku memberinya anugerah setimpal. Semua orang mencari-Ku
dengan berbagai jalan, wahai putera Partha (Arjuna)
Yo yo yām yām tanum bhaktah śraddhayārcitum icchati, tasya tasyācalām śraddhām tām eva
vidadhāmy aham
(Bhagawadgita, 7:21)
Arti:
Kepercayaan apapun yang ingin dipeluk seseorang,
Aku perlakukan mereka sama dan Ku-berikan berkah yang setimpal supaya ia lebih mantap
Aku perlakukan mereka sama dan Ku-berikan berkah yang setimpal supaya ia lebih mantap
Meskipun ada yang menganggap Dewa-Dewi merupakan Tuhan
tersendiri, namun umat Hindu memandangnya sebagai cara pemujaan yang salah.
Dalam kitab suci mereka, kepribadian Tuhan Yang Maha Esa bersabda:
ye ‘py anya-devatā-bhaktā yajante śraddhayānvitāḥ te ‘pi mām eva kaunteya yajanty
avidhi-pūrvakam
(Bhagawadgita, IX:23)
Arti:
Orang-orang yang menyembah Dewa-Dewa dengan penuh
keyakinannya
sesungguhnya hanya menyembah-Ku, tetapi mereka melakukannya
dengan cara yang keliru, wahai putera Kunti (Arjuna)
sesungguhnya hanya menyembah-Ku, tetapi mereka melakukannya
dengan cara yang keliru, wahai putera Kunti (Arjuna)
Pemeluk agama Hindu juga mengenal arti Ahimsa dan “Satya
Jayate Anertam”. Mereka diharapkan tidak suka (tidak boleh) membunuh secara
biadab tapi untuk kehidupan pembunuhan dilakukan kepada binatang berbisa
(nyamuk) untuk makanan sesuai swadarmanya, dan diminta jujur dalam melakukan
segala pikiran, perkataan, dan perbuatan.
B.
SEJARAH AGAMA BUDHA
1. Kehidupan
Masyarakat India Pra-Buddha
Agama Buddha berasal dari
India bagian utara diajarkan oleh Buddha Sakyamuni. Beliau juga dikenal dengan
sebutan Buddha Gautama, Bhagava, Tathagata, Sugata, dan sebagainya. Pada masa kecil,
Beliau adalah seorang pangeran, bernama Siddharta. Pangeran Siddharta
dilahirkan pada tahun 623 sebelum Masehi, jadi sekitar 2600 tahun yang lalu.
Sebelum lahirnya agama Buddha, masyarakat India telah mengenal berbagai kepercayaan agama. Saat itu terdapat beberapa pandangan hidup di India. Pada periode awal, masyarakat India bercorakkan tradisi pertapaan dengan pertapa-pertapa berambut panjang yang telanjang. Periode berikutnya, masyarakat mengenal upacara-upacara keagamaan dan ritus kurban dari kaum Brahmana.
Selanjutnya, masyarakat India mengenal agama dari kaum Upanishad. Menurut kaum ini, manusia memiliki suatu diri atau jiwa yang kekal. Kebahagiaan kekal hanya dapat diraih jika manusia dapat bersatu dengan alam semesta. Untuk bersatu dengan alam semesta, mereka mengembangkan meditasi yoga.
Pandangan ini mendapat reaksi keras dari kaum materialis. Kaum materialis menganggap bahwa tidak ada jiwa yang kekal. Menurut kaum ini, jiwa tidak lain tidak bukan adalah badan jasmani itu sendiri. Setelah kematian, kehidupan manusia berakhir, tidak ada lagi kehidupan berikutnya. Kebahagiaan kekal itu tidak ada. Kebahagiaan hanya dapat diraih selagi hidup. Mereka yang mengikuti kaum materialis menjalani hidup bersenang-senang untuk menikmati kebahagiaan duniawi.
Perkembangan selanjutnya, masyarakat India mengenal tradisi pertapaan keras dari kaum Jaina. Kaum ini percaya bahwa setiap manusia sesungguhnya memiliki jiwa yang suci dan bersih dalam dirinya. Jiwa yang murni ini menjadi kotor karena perasaan-perasaan indera. Menurut kaum ini, kebahagiaan kekal dapat dicapai bila dapat membunuh perasaan-perasaan indera melalui cara-cara penyiksaan diri.
2. Masa Kehidupan Sang Buddha
Pangeran Siddharta
dilahirkan dalam sebuah keluarga kerajaan. Ayahnya adalah seorang raja yang
memerintah di kota Kapilavasthu. Hidup dalam keluarga istana, sang pangeran
bergelimangan dengan kesenangan-kesenangan duniawi.
Kehidupan dalam kebahagiaan duniawi sangat didambakan banyak orang. Kekayaan yang berlimpah, kekuasaan yang tinggi, istri yang cantik, dan segala kemewahan duniawi lainnya. Kehidupan yang serba berlebihan di mana segala keinginan dapat terpenuhi ternyata tidak membuat sang pangeran berbahagia. Setelah sekian lama menikmati kehidupan duniawi yang menyenangkan dalam istana, suatu perjalanan keluar istana yang untuk pertama kalinya dilakukan dalam masa hidupnya segera merubah seluruh jalan hidupnya.
Kehidupan dalam kebahagiaan duniawi sangat didambakan banyak orang. Kekayaan yang berlimpah, kekuasaan yang tinggi, istri yang cantik, dan segala kemewahan duniawi lainnya. Kehidupan yang serba berlebihan di mana segala keinginan dapat terpenuhi ternyata tidak membuat sang pangeran berbahagia. Setelah sekian lama menikmati kehidupan duniawi yang menyenangkan dalam istana, suatu perjalanan keluar istana yang untuk pertama kalinya dilakukan dalam masa hidupnya segera merubah seluruh jalan hidupnya.
Kejadian di luar istana yang
belum pernah ditemuinya selama hidup di dalam istana: orang tua renta yang
berjalan tergopoh-gopoh dengan bantuan sebuah tongkat, orang sakit parah yang
sedang merintih kesakitan dalam pembaringan, orang mati yang diusung menuju
tempat kremasi, dan seorang pertapa suci yang sedang bermeditasi dengan
heningnya; keempat kejadian yang dijumpainya ini pada kesempatan berbeda, telah
membuat dirinya merenung dan terus merenung akan hidup ini: Mengapa harus ada
usia tua? Mengapa harus ada masa sakit? Mengapa harus ada kematian? Mengapa
harus ada penderitaan? Apa arti hidup ini? Dapatkah manusia terbebas dari usia
tua, sakit dan mati?
Demikianlah batinnya diliputi dengan segala pergolakan yang akhirnya puncak pergolakan pada usia 29 tahun di mana Beliau memutuskan untuk menjalani kehidupan suci, seperti halnya kejadian keempat yang telah dilihatnya: seorang pertapa suci yang sedang tenang bermeditasi. Beliau memutuskan untuk mengikuti jejaknya dalam menemukan jawaban atas semua hal yang menyebabkan penderitaan manusia. Beliau bertekad untuk menemukan obat penderitaan yang dapat membebaskan manusia dari penderitaan karena usia tua, sakit dan mati. Masa ini disebut sebagai Masa Pelepasan Agung.
Pangeran Siddharta telah membuktikan bahwa kebahagiaan yang diperoleh dari kehidupan duniawi bukanlah kebahagiaan yang abadi. Kebahagiaan duniawi bersifat sementara. Setelah kebahagiaan lenyap, muncullah penderitaan. Demikianlah dalam hidup ini, suka dan duka datang silih berganti.
Beliau yakin adanya suatu kebahagiaan yang bersifat abadi. Dalam usaha pencarian, Beliau mengembara dan berturut-turut berguru kepada beberapa orang guru meditasi. Pertapa Gautama, demikianlah kemudian Beliau dikenal, mempelajari berbagai ilmu meditasi. Dengan cepat, Beliau menyamai kepandaian gurunya. Demikianlah, Beliau berpindah dari satu guru ke guru lainnya dan dengan segera pula segala ilmu dari gurunya dapat dikuasainya.
Namun, usaha Beliau
menemukan obat penderitaan tetap belum berhasil.
Dalam meditasi, Beliau berhasil menemukan adanya suatu bentuk kebahagiaan yang melebihi kebahagiaan duniawi. Kebahagiaan dalam meditasi ini adalah kebahagiaan spiritual. Kebahagiaan spiritual berbentuk lebih halus. Tetapi, Beliau menyadari bahwa kebahagiaan ini belumlah sempurna, masih bersifat sementara.
Akhirnya, Beliau mencoba menemukan sendiri Jalan Pembebasan tersebut, yang membebaskan manusia dari penderitaan. Beliau mulai mempraktekkan pertapaan dengan menyiksa diri. Setelah bertahun-tahun bertapa menyiksa diri membuat tubuh Beliau kurus kering. Hampir saja Beliau mati karena tubuhnya yang tinggal kulit pembalut tulang. Namun, Jalan Pembebasan tidak juga diperolehnya. Jawaban atas semua penderitaan tetap tidak didapatkannya.
Hingga pada suatu saat, Beliau disadari oleh serombongan pemain kecapi yang sedang lewat sambil berbincang-bincang menasehati yang lain:
"Jika tali senar ini dikencangkan, suaranya akan semakin tinggi. Jika terus dikencangkan, senarnya akan putus dan lenyaplah suaranya. Jika tali senar ini dikendorkan, suaranya akan melemah. Jika terus dikendorkan, lenyaplah suaranya."
Kata-kata ini ternyata telah menyadari Pertapa Gautama bahwa di dalam tubuh yang lemah karena menyiksa diri, tidak akan ditemukan pikiran yang jernih. Bagaimana Pengetahuan tentang Pembebasan dapat diperoleh tanpa pikiran yang jernih?
Dalam meditasi, Beliau berhasil menemukan adanya suatu bentuk kebahagiaan yang melebihi kebahagiaan duniawi. Kebahagiaan dalam meditasi ini adalah kebahagiaan spiritual. Kebahagiaan spiritual berbentuk lebih halus. Tetapi, Beliau menyadari bahwa kebahagiaan ini belumlah sempurna, masih bersifat sementara.
Akhirnya, Beliau mencoba menemukan sendiri Jalan Pembebasan tersebut, yang membebaskan manusia dari penderitaan. Beliau mulai mempraktekkan pertapaan dengan menyiksa diri. Setelah bertahun-tahun bertapa menyiksa diri membuat tubuh Beliau kurus kering. Hampir saja Beliau mati karena tubuhnya yang tinggal kulit pembalut tulang. Namun, Jalan Pembebasan tidak juga diperolehnya. Jawaban atas semua penderitaan tetap tidak didapatkannya.
Hingga pada suatu saat, Beliau disadari oleh serombongan pemain kecapi yang sedang lewat sambil berbincang-bincang menasehati yang lain:
"Jika tali senar ini dikencangkan, suaranya akan semakin tinggi. Jika terus dikencangkan, senarnya akan putus dan lenyaplah suaranya. Jika tali senar ini dikendorkan, suaranya akan melemah. Jika terus dikendorkan, lenyaplah suaranya."
Kata-kata ini ternyata telah menyadari Pertapa Gautama bahwa di dalam tubuh yang lemah karena menyiksa diri, tidak akan ditemukan pikiran yang jernih. Bagaimana Pengetahuan tentang Pembebasan dapat diperoleh tanpa pikiran yang jernih?
Pertapa Gautama akhirnya
memutuskan untuk bangkit dari meditasinya. Beliau ingin mengakhiri cara bertapa
menyiksa diri dan bergegas untuk mandi membersihkan tubuhnya. Namun, begitu
Beliau bangkit, tubuhnya yang sedemikian lemahnya tak kuat menopang dirinya,
yang membuatnya segera terjatuh pingsan.
Saat itu, seorang pemuda
gembala bernama Nanda sedang lewat dan segera menolongnya. Ia memberikannya
semangkuk air tajin. Ketika Beliau sadar dari pingsannya, Beliau segera
mencicipi air tajin tersebut, dan akhirnya secara perlahan kesehatannya pulih
kembali.
Pertapa Gautama pun akhirnya meninggalkan kehidupan menyiksa diri. Beliau telah membuktikan bahwa kehidupan menyiksa diri tidak akan membawa seseorang kepada kebahagiaan abadi, Jalan Pembebasan, Pencerahan Sempurna.
Beliau kemudian memutuskan untuk bermeditasi di bawah pohon Bodhi sambil mengumandangkan kebulatan tekadnya dengan berprasetya: "Meskipun darahku mengering, dagingku membusuk, tulang belulangku jatuh berserakan, tetapi Aku tidak akan meninggalkan tempat ini sampai Aku mencapai Pencerahan Sempurna."
Dikisahkan bahwa di dalam meditasinya, pertapa Gautama dihantui perasaan-perasaan bimbang dan ragu. Pikiran-pikiran seperti keinginan nafsu, keinginan jahat, ketakutan, keragu-raguan dan kemalasan mencoba menggagalkan usahanya dalam meraih Pengetahuan mengenai Pembebasan. Hampir saja Beliau dikalahkan oleh Mara, penggoda yang dahsyat itu. Namun dengan keteguhan hati Beliau yang membaja, akhirnya membuat-Nya berhasil menaklukkan Sang Mara.
Pertapa Gotama telah mencapai Pencerahan Sempurna. Beliau telah menjadi Buddha. Peristiwa penting ini terjadi pada saat malam terang purnama di bulan Waisak ketika Beliau berusia 35 tahun. Beliau telah menyadari tentang asal mula penderitaan dan jalan untuk melenyapkannya. Dhamma inilah yang akan diajarkan-Nya kepada seluruh umat manusia agar kita semua dapat mengetahui hakekat sesungguhnya dari kehidupan ini dan berusaha untuk melenyapkan penderitaan sehingga kebahagiaan tertinggi dapat kita raih.
Selama 45 tahun Sang Buddha
mengajarkan dhamma kepada umat manusia. Melalui pengalamannya sendiri, dengan
usaha dan perjuangan Beliau sendiri, dhamma telah ditemukannya, dan telah
diajarkannya pada kita semua.
3. Perkembangan Agama Buddha
3. Perkembangan Agama Buddha
Sang Buddha pertama kali
mengajarkan dhamma kepada lima orang pertapa di taman rusa Isipatana, Sarnath.
Beliau membimbing mereka menuju Arahat. Arahat adalah gelar bagi mereka yang
telah melatih diri dan berhasil mencapai tingkat kesucian tertinggi yang dapat
dicapai manusia. Seorang Arahat telah terbebas dari kekotoran batin duniawi.
Mereka telah bersih dari keserakahan, keinginan yang disebabkan keakuan,
kebencian, dan ketidaktahuan akan Jalan Pembebasan.
Dengan sifat-sifat tanpa cela yang dimilikinya, seorang Arahat adalah pelestari dhamma terbaik untuk meneruskan dhamma Sang Buddha di kemudian hari.
Setelah Sang Buddha Parinibbana, para Arahat kemudian berkumpul untuk menghimpun ajaran-ajaran Beliau yang telah disampaikan kepada banyak orang yang berbeda, di waktu dan tempat yang berlainan. Akhirnya, terhimpunlah Kitab Suci Agama Buddha.
Dengan sifat-sifat tanpa cela yang dimilikinya, seorang Arahat adalah pelestari dhamma terbaik untuk meneruskan dhamma Sang Buddha di kemudian hari.
Setelah Sang Buddha Parinibbana, para Arahat kemudian berkumpul untuk menghimpun ajaran-ajaran Beliau yang telah disampaikan kepada banyak orang yang berbeda, di waktu dan tempat yang berlainan. Akhirnya, terhimpunlah Kitab Suci Agama Buddha.
Kitab suci berbahasa Pali dinamakan Tipitaka sedangkan kitab suci berbahasa Sansekerta dinamakan Tripitaka. Tipitaka atau Tripitaka berarti tiga keranjang. Nama ini digunakan karena kitab-kitab suci yang tersusun berhasil terkumpul sebanyak tiga keranjang.
Secara kuantitas, kitab suci agama Buddha adalah kitab suci yang paling tebal di antara semua kitab suci yang ada di dunia. Secara keseluruhan, ajaran-ajaran Sang Buddha dan para siswa-Nya yang telah Arahat, jika telah dibukukan diperkirakan memiliki ketebalan berkisar antara puluhan hingga puluhan ribu kali lipat lebih tebal dari Kitab Injil yang telah dikenal umum.
Ajaran Sang Buddha yang
sedemikian luasnya menyebabkan tumbuhnya banyak tradisi dan aliran dalam agama
Buddha. Mereka mencoba menemukan suatu cara praktis yang mudah untuk mempraktekkan
ajaran Sang Buddha yang sangat luas itu dengan penekanan pada sutra-sutra
tertentu dalam bagian Kitab Suci Agama Buddha.
Agama Buddha dipraktekkan meluas di India setelah Sang Buddha Parinibbana. Tradisi Buddhis pun terbentuk di wilayah yang sekarang bernama Pakistan dan Afghanistan, dan mengakar di Asia Tengah pada awal Masehi. Invansi Islam di kemudian hari melemahkan agama ini pada sub-benua India dan Asia Tengah.
Dari India, agama Buddha menyebar ke SriLanka. Dari India dan SriLanka, agama Buddha menyebar ke Asia Tenggara dan sekarang berakar kuat di Thailand dan Myanmar. Pemerintahan komunis di beberapa negara Asia telah menekan perkembangan agama Buddha. Namun, sejak abad modern, intelektual Barat mulai tertarik dengan agama Buddha. Banyak vihara Buddhis, pusat-pusat Dharma, dan berbagai tempat pelatihan meditasi telah dibangun di negara-negara Barat.
Dari Asia Tengah, agama Buddha pertama kali masuk ke China, kemudian agama Buddha dibawa dari India. Banyak peziarah China membawa kekayaan naskah agama Buddha dari India ke China. Dalam masyarakat China, agama Buddha mengalami akulturasi dengan kebudayaan masyarakat setempat.
Dari China, agama Buddha menyebar ke Vietnam dan Korea. Dari Korea, agama Buddha mencapai Jepang. Dari Jepang, agama Buddha menyebar ke negara-negara Barat.
Agama Buddha pertama kali
diperkenalkan ke Tibet dari Nepal (India Utara) dan China. Dari Tibet, agama
Buddha menyebar ke Mongolia dan Manchuria. Sejak China Komunis mencaplok Tibet,
ribuan rakyat Tibet terpaksa melarikan diri ke pengasingan di India dan Nepal,
dan telah membangun kembali vihara-vihara di India. Banyak pemimpin spiritual
di Tibet pergi ke negara-negara Barat dan Asia, yang menyebabkan pusat-pusat
Dharma bermunculan.
4. Agama Buddha di Indonesia
4. Agama Buddha di Indonesia
Di masa pemerintahan
Sriwijaya, Syailendra dan Majapahit, agama Buddha berkembang dengan pesat di
Indonesia. Bahkan, Sriwijaya menjadi pusat pendidikan Buddhis terkenal pada
masa itu.
Akulturasi agama Buddha dengan kebudayaan masyarakat setempat di Indonesia tercermin lewat bangunan candi-candi bercorak Buddhis yang dibangun dengan megah pada masa pemerintahan raja-raja wangsa Syailendra. Pembangunan candi-candi Buddhis seperti Borobudur, Mendut dan Pawon menunjukkan kebudayaan bangsa kita yang sangat tinggi pada saat itu.
Pada masa pemerintahan Majapahit, agama Buddha dan Hindu dapat berkembang bersama-sama. Toleransi beragama pada saat itu sangat tinggi. Hal ini terbukti seperti yang tertulis dalam Kitab Sutasoma, karya seorang pujangga besar Buddhis saat itu, Mpu Tantular. Dalam kitab Sutasoma, terdapat perkataan "Bhinneka Tunggal Ika" yang digunakan saat ini dalam lambang negara kita.
Sejak runtuhnya kerajaan Majapahit dan masa penyebaran agama Islam di Indonesia, perkembangan agama Buddha di Indonesia mengalami kemunduran. Pada masa kolonial Belanda, agama Buddha berada antara ada dan tiada.
Kemudian pada abad ke-20, sejak diundangnya bhikkhu Narada Thera dari SriLanka ke Indonesia, agama Buddha secara perlahan mulai berkembang kembali. Bhikkhu Narada Thera banyak memberikan pengetahuan Dharma dan informasi mengenai agama Buddha ke seluruh pelosok Nusantara.
Sejak itulah agama Buddha
berkembang kembali di Indonesia dan dewasa ini sedang berada dalam tahap
pembinaan masyarakat Buddhis Indonesia yang berlandaskan Pancasila untuk
mewujudkan masyarakat adil dan makmur.
5. Agama Buddha di Dunia
5. Agama Buddha di Dunia
Akulturasi agama Buddha
dengan kebudayaan setempat di mana agama Buddha tumbuh tidak mungkin dapat
dihindari. Agama Buddha mengambil bentuk luar dari kebudayaan setempat yang ada
dan menyesuaikannya dengan ajaran agama Buddha.
Agama Buddha berasal dari
India. Kebudayaan India sangat mempengaruhi bentuk luar agama Buddha. Kemudian,
agama Buddha berkembang di Tibet dan China. Agama Buddha pun mengalami
akulturasi dengan kebudayaan setempat di Tibet dan China.
Terkadang perpaduan antara agama Buddha dengan kebudayaan setempat menyebabkan batas yang kurang jelas antara praktek agama Buddha dengan praktek bukan agama Buddha. Sebagai contoh, perpaduan antara agama Buddha dengan kebudayaan China.
Sebelum perkembangan agama Buddha di China, masyarakat China sangat dipengaruhi ajaran filsafat dari Khonghucu dan kepercayaan Taoisme, yang keduanya merupakan kebudayaan asli setempat. Khonghucu sangat menekankan tata cara persembahyangan dan mengutamakan ajaran bakti. Dalam perkembangannya, agama Buddha menyesuaikan dengan menitikberatkan Sutra Bakti, sebagai pelengkap nilai-nilai budaya China. Segala tata cara dan upacara formal juga sangat ditekankan pada vihara-vihara Buddhis.
Pada abad modern ini, agama Buddha mulai berkembang di negara-negara Barat. Banyak cendekiawan Barat yang tertarik dan berminat untuk mempelajari agama Buddha. Mereka, setelah belajar agama Buddha, menyatakan bahwa di dalam agama Buddha, mereka menemukan sesuatu yang logis dan ajaran bermanfaat sebagai pedoman bagi kehidupan mereka. Ternyata agama Buddha memiliki daya tarik tersendiri bagi kalangan cendekiawan Barat. Umat Buddha juga boleh berbangga hati dengan semakin diterimanya agama Buddha di negara-negara Barat seperti Amerika Serikat, Inggris, Jerman, dan sebagainya. Banyak pula ilmuwan Barat menyatakan bahwa prinsip-prinsip dasar agama Buddha tidak bertentangan bahkan sejalan dengan prinsip-prinsip ilmiah Sains modern. Dengan demikian, perkembangan dan kemajuan Buddhadharma di berbagai wilayah di belahan dunia di masa mendatang dapatlah diharapkan.
C.
PROSES MASUKNYA
AGAMA HINDU DAN BUDHA DI INDONESIA
Indonesia sebagai negara kepulauan
letaknya sangat strategis, yaitu terletak diantara dua benua (Asia dan Australia) dan dua
samudra (Indonesia dan Pasifik) yang merupakan daerah persimpangan lalu lintas perdagangan
dunia.
Untuk lebih jelasnya, silahkan Anda amati gambar peta jaringan perdagangan laut Asia Tenggara berikut ini:
Untuk lebih jelasnya, silahkan Anda amati gambar peta jaringan perdagangan laut Asia Tenggara berikut ini:
6 Pada abad 1 Masehi, jalur perdagangan tidak lagi melewati
jalur darat (jalur sutera) tetapi beralih kejalur laut, sehingga secara tidak langsung perdagangan antara
Cina dan India melewati selat
Malaka. Untuk itu Indonesia ikut berperan aktif dalam perdagangan tersebut. Akibat hubungan dagang tersebut, maka
terjadilah kontak/hubungan antara Indonesia dengan India, dan Indonesia dengan Cina. Hal
inilah yang menjadi salah satu penyebab masuknya
budaya India ataupun budaya Cina ke Indonesia.
budaya India ataupun budaya Cina ke Indonesia.
Mengenai siapa yang membawa atau
menyebarkan agama Hindu – Budha ke Indonesia, tidak dapat diketahui secara pasti, walaupun demikian
para ahli memberikan pendapat tentang proses masuknya agama Hindu – Budha atau kebudayaan India
ke Indonesia. Untuk agama Budha
diduga adanya misi penyiar agama Budha yang disebut dengan Dharmaduta, dan diperkirakan abad 2
Masehi agama Budha masuk ke Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan adanya penemuan arca Budha yang terbuat
dari perunggu diberbagai daerah
di Indonesia antara lain Sempaga (Sulsel), Jember (Jatim), Bukit Siguntang
(Sumsel).
(Sumsel).
Dilihat ciri-cirinya, arca tersebut
berasal dari langgam Amarawati (India Selatan) dari abad 2 – 5 Masehi. Dan di samping itu juga
ditemukan arca perunggu berlanggam Gandhara (India Utara) di Kota Bangun, Kutai (Kaltim).
Dari penjelasan uraian materi tersebut, apakah Anda sudah memahami? Kalau Anda belum paham, baca kembali uraian materi tersebut, dan kemudian lanjutkan menyimak uraian materi selanjutnya!
Dari penjelasan uraian materi tersebut, apakah Anda sudah memahami? Kalau Anda belum paham, baca kembali uraian materi tersebut, dan kemudian lanjutkan menyimak uraian materi selanjutnya!
Untuk penyiaran Agama Hindu ke
Indonesia, terdapat beberapa pendapat/hipotesa yaitu antara lain:
1. Hipotesis Waisya, diutarakan oleh
Dr.N.J.Krom, berpendapat bahwa agama Hindu masuk ke Indonesia dibawa oleh kaum pedagang yang datang
untuk berdagang ke Indonesia,
bahkan diduga ada yang menetap karena menikah dengan orang Indonesia
2. Hipotesis Ksatria, diutarakan oleh
Prof.Dr.Ir.J.L.Moens berpendapat bahwa yang membawa agama Hindu ke Indonesia adalah kaum ksatria atau
golongan prajurit, karena
adanya kekacauan politik/peperangan di India abad 4 – 5 M, maka prajurit yang kalah perang terdesak dan menyingkir
ke Indonesia, bahkan diduga mendirikan kerajaan
di Indonesia.
di Indonesia.
3. Hipotesis Brahmana, diutarakan oleh
J.C.Vanleur berpendapat bahwa agama Hindu masuk ke Indonesia dibawa oleh kaum Brahmana karena hanyalah kaum Brahmana yang berhak mempelajari dan mengerti
isi kitab suci Weda. Kedatangan Kaum Brahmana tersebut diduga karena undangan Penguasa/Kepala Suku di
Indonesia atau sengaja datang
untuk menyebarkan agama Hindu ke Indonesia.
Pada dasarnya ketiga teori tersebut
memiliki kelemahan yaitu karena golongan ksatria dan waisya tidak mengusai bahasa
Sansekerta. Sedangkan bahasa Sansekerta adalah bahasa sastra tertinggi yang dipakai dalam kitab suci Weda. Dan golongan
Brahmana walaupun menguasai
bahasa Sansekerta tetapi menurut kepercayaan Hindu kolot tidak boleh menyebrangi laut. Dari kebenaran maupun kelemahan
tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa, masuknya agama Hindu ke Indonesia dibawa oleh kaum Brahmana yang tidak kolot
atas undangan raja dan orang
Indonesia yang belajar ke India.
Dengan adanya penyebaran agama Hindu
tersebut maka mendorong orang-orang Indonesia untuk menambah ilmunya mempelajari agama Hindu di India
sekaligus berziarah ke tempattempat suci. Dan sekembalinya dari India tersebut, maka orang-orang tersebut
dapat menyebarkan agama
Hindu dengan bahasa mereka
sendiri, dengan demikian agama Hindu lebih cepat dan mudah tersebar di Indonesia.
Wujud Akulturasi Kebudayaan
Hindu-Budha dengan Kebudayaan Indonesia
Apakah Anda sebelumnya pernah mendengar atau mengetahui pengertian Akulturasi? Banyak para ahli yang memberikan definisi tentang akulturasi, antara lain menurut pendapat Harsoyo. Akulturasi adalah fenomena yang timbul sebagai hasil jika kelompok-kelompok manusia yang mempunyai kebudayaan yang berbeda-beda bertemu dan mengadakan kontak secara langsung dan terus-menerus; yang kemudian menimbulkan perubahan dalam pola kebudayaan yang original dari salah satu kelompok atau kedua-duanya
Dari definisi di atas, maka dapat disimpulkan bahwa akulturasi sama dengan kontak budaya yaitu bertemunya dua kebudayaan yang berbeda melebur menjadi satu menghasilkan kebudayaan baru tetapi tidak menghilangkan kepribadian/sifat kebudayaan aslinya.
Apakah Anda sebelumnya pernah mendengar atau mengetahui pengertian Akulturasi? Banyak para ahli yang memberikan definisi tentang akulturasi, antara lain menurut pendapat Harsoyo. Akulturasi adalah fenomena yang timbul sebagai hasil jika kelompok-kelompok manusia yang mempunyai kebudayaan yang berbeda-beda bertemu dan mengadakan kontak secara langsung dan terus-menerus; yang kemudian menimbulkan perubahan dalam pola kebudayaan yang original dari salah satu kelompok atau kedua-duanya
Dari definisi di atas, maka dapat disimpulkan bahwa akulturasi sama dengan kontak budaya yaitu bertemunya dua kebudayaan yang berbeda melebur menjadi satu menghasilkan kebudayaan baru tetapi tidak menghilangkan kepribadian/sifat kebudayaan aslinya.
Dengan adanya penjelasan tentang
pengertian akulturasi, apakah Anda sekarang sudah memahami istilah akulturasi?
Jika Anda sudah paham, silakan Anda simak uraian materinya. Seperti telah
dijelaskan pada materi sebelumnya, dengan adanya kontak dagang antara Indonesia
dengan India, maka mengakibatkan adanya kontak budaya atau akulturasi yang
menghasilkan bentuk-bentuk kebudayaan baru tetapi tidak melenyapkan kepribadian
kebudayaan sendiri. Harus Anda pahami masuknya pengaruh Hindu dan Budha
merupakan satu proses tersendiri yang terpisah namun tetap didukung oleh proses
perdagangan.
Hal ini berarti kebudayaan Hindu –
Budha yang masuk ke Indonesia tidak diterima seperti apa adanya, tetapi diolah,
ditelaah dan disesuaikan dengan budaya yang dimiliki penduduk Indonesia,
sehingga budaya tersebut berpadu dengan kebudayaan asli Indonesia menjadi
bentuk akulturasi kebudayaan Indonesia Hindu – Budha.
Wujud
akulturasi tersebut dapat Anda simak pada uraian materi unsur-unsur budaya berikut ini:
1.
Bahasa
Wujud
akulturasi dalam bidang bahasa, dapat dilihat dari adanya penggunaan bahasa
Sansekerta yang dapat Anda temukan sampai sekarang dimana bahasa Sansekerta
memperkaya perbendaharaan bahasa Indonesia.
Untuk mengukur tingkat pemahaman Anda, silakan tulis 5 kata bahasa Indonesia yang berasal dari bahasa Sansekerta, selanjutnya Anda simak uraian materi selanjutnya.
Untuk mengukur tingkat pemahaman Anda, silakan tulis 5 kata bahasa Indonesia yang berasal dari bahasa Sansekerta, selanjutnya Anda simak uraian materi selanjutnya.
Penggunaan
bahasa Sansekerta pada awalnya banyak ditemukan pada prasasti (batu bertulis)
peninggalan kerajaan Hindu – Budha pada abad 5 – 7 M, contohnya prasasti Yupa
dari Kutai, prasasti peninggalan Kerajaan Tarumanegara. Tetapi untuk
perkembangan selanjutnya bahasa Sansekerta di gantikan oleh bahasa Melayu Kuno
seperti yang ditemukan pada prasasti peninggalan kerajaan Sriwijaya 7 – 13 M.
Untuk aksara, dapat dibuktikan adanya penggunaan huruf Pallawa, kemudian
berkembang menjadi huruf Jawa Kuno (kawi) dan huruf (aksara) Bali dan Bugis.
Hal ini dapat dibuktikan melalui Prasasti Dinoyo (Malang) yang menggunakan
huruf Jawa Kuno.
Demikianlah uraian tentang contoh wujud akulturasi dalam bidang bahasa, untuk selanjutnya simak uraian materi berikutnya.
Demikianlah uraian tentang contoh wujud akulturasi dalam bidang bahasa, untuk selanjutnya simak uraian materi berikutnya.
2.
Religi/Kepercayaan
Sistem
kepercayaan yang berkembang di Indonesia sebelum agama Hindu-Budha masuk ke
Indonesia adalah kepercayaan yang berdasarkan pada Animisme dan Dinamisme. Anda
masih ingat pengertian Animisme dan Dinamisme? Bila Anda lupa, baca kembali
modul ke-2 Anda!
Dengan masuknya agama Hindu – Budha ke Indonesia, masyarakat Indonesia mulai menganut/mempercayai agama-agama tersebut. Agama Hindu dan Budha yang berkembang di Indonesia sudah mengalami perpaduan dengan kepercayaan animisme dan dinamisme, atau dengan kata lain mengalami Sinkritisme. Tentu Anda bertanya apa yang dimaksud dengan Sinkritisme? Sinkritisme adalah bagian dari proses akulturasi, yang berarti perpaduan dua kepercayaan yang berbeda menjadi satu. Untuk itu agama Hindu dan Budha yang berkembang di Indonesia, berbeda dengan agama Hindu – Budha yang dianut oleh masyarakat India. Perbedaaan-perbedaan tersebut dapat Anda lihat dalam upacara ritual yang diadakan oleh umat Hindu atau Budha yang ada di Indonesia. Contohnya, upacara Nyepi yang dilaksanakan oleh umat Hindu Bali, upacara tersebut tidak dilaksanakan oleh umat Hindu di India.
Demikianlah penjelasan tentang contoh wujud akulturasi dalam bidang religi/kepercayaan. Selanjutnya simak uraian materi berikutnya.
Dengan masuknya agama Hindu – Budha ke Indonesia, masyarakat Indonesia mulai menganut/mempercayai agama-agama tersebut. Agama Hindu dan Budha yang berkembang di Indonesia sudah mengalami perpaduan dengan kepercayaan animisme dan dinamisme, atau dengan kata lain mengalami Sinkritisme. Tentu Anda bertanya apa yang dimaksud dengan Sinkritisme? Sinkritisme adalah bagian dari proses akulturasi, yang berarti perpaduan dua kepercayaan yang berbeda menjadi satu. Untuk itu agama Hindu dan Budha yang berkembang di Indonesia, berbeda dengan agama Hindu – Budha yang dianut oleh masyarakat India. Perbedaaan-perbedaan tersebut dapat Anda lihat dalam upacara ritual yang diadakan oleh umat Hindu atau Budha yang ada di Indonesia. Contohnya, upacara Nyepi yang dilaksanakan oleh umat Hindu Bali, upacara tersebut tidak dilaksanakan oleh umat Hindu di India.
Demikianlah penjelasan tentang contoh wujud akulturasi dalam bidang religi/kepercayaan. Selanjutnya simak uraian materi berikutnya.
3.
Organisasi Sosial Kemasyarakatan
Wujud
akulturasi dalam bidang organisasi sosial kemasyarakatan dapat Anda lihat dalam
organisasi politik yaitu sistem pemerintahan yang berkembang di Indonesia setelah
masuknya pengaruh India. Dengan
adanya pengaruh kebudayaan India tersebut, maka sistem pemerintahan yang
berkembang di Indonesia adalah bentuk kerajaan yang diperintah oleh seorang
raja secara turun temurun.
Raja
di Indonesia ada yang dipuja sebagai dewa atau dianggap keturunan dewa yang
keramat, sehingga rakyat sangat memuja Raja tersebut, hal ini dapat dibuktikan
dengan adanya raja-raja yang memerintah di Singosari seperti Kertanegara
diwujudkan sebagai Bairawa dan R Wijaya Raja Majapahit diwujudkan sebagai
Harhari (dewa Syiwa dan Wisnu jadi satu).
Pemerintahan Raja di Indonesia ada yang bersifat mutlak dan turun-temurun seperti di India dan ada juga yang menerapkan prinsip musyawarah. Prinsip musyawarah diterapkan terutama apabila raja tidak mempunyai putra mahkota yaitu seperti yang terjadi di kerajaan Majapahit, pada waktu pengangkatan Wikramawardana.Wujud akulturasi di samping terlihat dalam sistem pemerintahan juga terlihat dalam sistem kemasyarakatan, yaitu pembagian lapisan masyarakat berdasarkan sistem kasta.
Pemerintahan Raja di Indonesia ada yang bersifat mutlak dan turun-temurun seperti di India dan ada juga yang menerapkan prinsip musyawarah. Prinsip musyawarah diterapkan terutama apabila raja tidak mempunyai putra mahkota yaitu seperti yang terjadi di kerajaan Majapahit, pada waktu pengangkatan Wikramawardana.Wujud akulturasi di samping terlihat dalam sistem pemerintahan juga terlihat dalam sistem kemasyarakatan, yaitu pembagian lapisan masyarakat berdasarkan sistem kasta.
Apakah
Anda sebelumnya mengenal kasta? Kalau Anda pernah mengetahui tentang kasta,
cobalah tuliskan empat kasta menurut kepercayaan agama Hindu, seperti yang Anda
ketahui pada tabel 1.1 berikut ini.
Setelah Anda menuliskan kasta-kasta tersebut, untuk mengetahui kebenarannya, simaklah uraian materi berikut ini.
Setelah Anda menuliskan kasta-kasta tersebut, untuk mengetahui kebenarannya, simaklah uraian materi berikut ini.
Sistem
kasta menurut kepercayaan Hindu terdiri dari kasta Brahmana (golongan Pendeta),
kasta Ksatria (golongan Prajurit, Bangsawan), kasta Waisya (golongan pedagang)
dan kasta Sudra (golongan rakyat jelata).
Kasta-kasta tersebut juga berlaku atau dipercayai oleh umat Hindu Indonesia tetapi tidak sama persis dengan kasta-kasta yang ada di India karena kasta India benar-benar diterapkan dalam seluruh aspek kehidupan, sedangkan di Indonesia tidak demikian, karena di Indonesia kasta hanya diterapkan untuk upacara keagamaan.
Kasta-kasta tersebut juga berlaku atau dipercayai oleh umat Hindu Indonesia tetapi tidak sama persis dengan kasta-kasta yang ada di India karena kasta India benar-benar diterapkan dalam seluruh aspek kehidupan, sedangkan di Indonesia tidak demikian, karena di Indonesia kasta hanya diterapkan untuk upacara keagamaan.
Demikianlah
contoh wujud akulturasi dalam bidang organisasi sosial kemasyarakatan untuk
selanjutnya kalau Anda sudah memahaminya, Anda dapat melanjutkan pada uraian
materi wujud akulturasi berikutnya.
4.
Sistem Pengetahuan
Wujud
akulturasi dalam bidang pengetahuan, salah satunya yaitu perhitungan waktu
berdasarkan kalender tahun saka, tahun dalam kepercayaan Hindu. Menurut
perhitungan satu tahun Saka sama dengan 365 hari dan perbedaan tahun saka
dengan tahun masehi adalah 78 tahun sebagai contoh misalnya tahun saka 654,
maka tahun masehinya 654 + 78 = 732 M
Di samping adanya pengetahuan tentang
kalender Saka, juga ditemukan perhitungan tahun Saka dengan menggunakan
Candrasangkala. Apakah Anda sebelumnya pernah mendengar istilah Candrasangkala?
Candrasangkala adalah susunan kalimat atau gambar yang dapat dibaca sebagai
angka. Candrasangkala banyak ditemukan dalam prasasti yang ditemukan di pulau
Jawa, dan menggunakan kalimat bahasa Jawa salah satu contohnya yaitu kalimat
Sirna ilang kertaning bhumi apabila diartikan sirna = 0, ilang = 0, kertaning =
4 dan bhumi = 1, maka kalimat tersebut diartikan dan belakang sama dengan tahun
1400 saka atau sama dengan 1478 M yang merupakan tahun runtuhnya Majapahit .
5.
Peralatan Hidup dan Teknologi
Salah
satu wujud akulturasi dari peralatan hidup dan teknologi terlihat dalam seni
bangunan Candi. Seni bangunan Candi tersebut memang mengandung unsur budaya
India tetapi keberadaan candi-candi di Indonesia tidak sama dengan candi-candi
yang ada di India, karena candi di Indonesia hanya mengambil unsur teknologi
perbuatannya melalui dasar-dasar teoritis yang tercantum dalam kitab
Silpasastra yaitu sebuah kitab pegangan yang memuat berbagai petunjuk untuk
melaksanakan pembuatan arca dan bangunan.
Untuk itu dilihat dari bentuk dasar maupun fungsi candi tersebut terdapat perbedaan. Bentuk dasar bangunan candi di Indonesia adalah punden berundak-undak, yang merupakan salah satu peninggalan kebudayaan Megalithikum yang berfungsi sebagai tempat pemujaan. Sedangkan fungsi bangunan candi itu sendiri di Indonesia sesuai dengan asal kata candi tersebut. Perkataan candi berasal dari kata Candika yang merupakan salah satu nama dewi Durga atau dewi maut, sehingga candi merupakan bangunan untuk memuliakan orang yang telah wafat khususnya raja-raja dan orang-orang terkemuka.
Untuk itu dilihat dari bentuk dasar maupun fungsi candi tersebut terdapat perbedaan. Bentuk dasar bangunan candi di Indonesia adalah punden berundak-undak, yang merupakan salah satu peninggalan kebudayaan Megalithikum yang berfungsi sebagai tempat pemujaan. Sedangkan fungsi bangunan candi itu sendiri di Indonesia sesuai dengan asal kata candi tersebut. Perkataan candi berasal dari kata Candika yang merupakan salah satu nama dewi Durga atau dewi maut, sehingga candi merupakan bangunan untuk memuliakan orang yang telah wafat khususnya raja-raja dan orang-orang terkemuka.
Di
samping itu, dalam bahasa kawi candi berasal dari kata Cinandi artinya yang
dikuburkan. Untuk itu yang dikuburkan didalam candi bukanlah mayat atau abu
jenazah melainkan berbagai macam benda yang menyangkut lambang jasmaniah raja
yang disimpan dalam Pripih.
Dengan
demikian fungsi candi Hindu di Indonesia adalah untuk pemujaan terhadap roh
nenek moyang atau dihubungkan dengan raja yang sudah meninggal. Hal ini
terlihat dari adanya lambang jasmaniah raja sedangkan fungsi candi di India
adalah untuk tempat pemujaan terhadap dewa, contohnya seperti candi-candi yang
terdapat di kota Benares merupakan tempat pemujaan terhadap dewa Syiwa.
D. PERKEMBANGAN HINDU BUDHA DI INDONESIA
Munculnya pemerintahan kerajaan-kerajaan yang
bercorak Hindu-Budha di Indonesia tidak terlepas dari pengaruh kebudayaan
India. Kebudayaan India itu bersentuhan dengan kebudayaan Indonesia.
Persentuhan kebudayaan ini terjadi sebagai salah satu akibat dari adanya
hubungan yang dilakukakan oleh orang-orang India dengan orang-orang Indonesia
atau sebaliknya. Hubungan itu berawal dari kegiatan perdagangan sehingga
pengaruh-pengaruh kebudayaan India dengan Budha masuk ke Indonesia.
a. Bangsa India yang Aktif
Pendapat mengenai keaktifan orang-orang
India dalam menyebarkan kebudayaan Hindu-Budha di Indonesia yaitu sebagai
berikut :
1) Hipotesis
Waisya
Hipotesis waisya dikemukakan oleh NJ. Krom
yang menyebutkan bahwa proses masuknya kebudayaan Hindu-Budha melalui hubungan
dagang antara India dan Indonesia.
2) Hipotesis
Ksatria
Ada tiga pendapat mengenai proses penyebaran
kebudayaan Hindu-Budha yang dilakukan oleh golongan Ksatria yaitu :
a) CC.
Berg menjelaskan bahwa golongan ksatria yang turut menyebarkan kebudayaan
Hindu-Budha di Indonesia. Para ksatria Hindia yang terlibat konflik dalam
masalah perebutan kekuasaan di Indonesia. Para ksatria memberi bantuan yang
banyak membantu kemenangan bagi salah satu kelompok atau suku yang bertikai
sebagai hadiahnya ada diantara mereka yang kemudian dinikahkan dengan salah
satu putri dari kepala suku yang dibantunya. Dari perkawinannya itu para
ksatria dengan mudah menyebarkan tradisi Hindu-Budha pada keluarga yang
dinikahinya.
b) Moekerji
juga mengatakan bahwa golongan ksatria dari India lah yang membawa pengaruh
kebudayaan Hindu-Budha di Indonesia. Para ksatria membangun koloni – koloni
yang berkembang menjadi sebuah kerajaan.
c) J.L
Moens mencoba menghubungkan proses tebentuknya kerajaan-kerajaan di Indonesia pada
awal abad ke-5 dengan situasi yang terjadi di India pada abad yang sama.
Ternyata sekitar abad ke-5 ada diantara para keluarga kerajaan di
India selatan melarikan diri ke Indonesia sewaktu kerajaannya mengalami
kehancuran. Mereka itu nantinya mendirikan kerajaan di Indonesia.
3) Hipotesis
Brahmana
Jc. Van Leur mengatakan bahwa kebudayaan
Hindu-Budha di India yang menyebar ke Indonesia dibawa oleh golongan brahmana.
Hal itu didasarkan pada pengamatan terhadap sisa-sisa peniggalan
kerajaan-kerajaan yang bercorak Hindu-Budha di Indonesia terutama pada
prasasti-prasasti yang menggunakan bahasa sansekerta dan huruf pallawa. Karena
hanya golongan brahmana lah yang menguasai bahasa dan huruf itu maka sangat
jelas disini adanya peran brahmana.
b. Bangsa Indonesia
yang Aktif
Pendapat mengenai keaktifan orang-orang
Indonesia diungkapkan oleh F.D.K Bosch. Menurut Bosch, yang pertama kali datang
ke Indonesia adalah orang-orang India yang memiliki semangat untuk menyebarkan
agama Hindu-Budha.
Setelah tiba di Indonesia mereka menyebarka
ajarannya. Karena pengaruhnya itu ada diantara tokoh masyarakat yang tertarik
untuk mengikuti ajarannya. Pada perkembangan selanjutnya, banyak orang
Indonesia sendiri yang pergi ke India untuk berziarah dan belajar agama Hindu-Budha
di Indonesia. Sekembalinya di Indonesia merekalah yang mengajarkannya pada
masyarakat yang lain.
E. KERAJAAN HINDU-BUDHA DI INDONESIA
Kerajaan-kerajaan yang bercorak Hindu-Budha
merupakan salah satu bukti adanya pengaruh kebudayaan Hindu-Budha di Indonesia.
Setiap kerajaan dipimpin oleh seorang raja yang memiliki kekuasaan mutlak dan
turun-temurun. Kerajaan-kerajaan itu antara lain :
1. Kerajaan Kutai
Kerajaan Kutai dengan nama asli Kutai
Martadipura merupakan kerajaan hindu tertua di Indonesia, dengan aliran agama
hindu-siwa. Letaknya di Muara Kaman tepatnya pada hulu sungai Mahakam,
Kalimantan Timur. Keberadaan kerajaan ini ditandai dengan adanya 7 buah
prasasti, yang dinamai prasasti yupa dengan huruf palawa dan bahasa sansekerta.
Pendirinya adalah Raja Kudungga. Setelah Raja Kudungga wafat, kerajaan diambil
alih oleh putranya, Raja Aswawarman. Dan setelah Raja Aswawarman wafat,
kerajaan diambil alih oleh putra Raja Aswawarman, yaitu Raja Mulawarman.
Pada sebuah prasasti Yupa abad ke-4, dikisahkan
bahwa Raja Mulawarman telah menyumbangkan 1000 ekor sapi kepada para brahmana.
Kisah ini menceritakan betapa dermawannya seorang Raja Mulawarman, dari sini
dapat dianalisis bahwa masyarakat Kutai makmur dan bermata pencaharian sebagai
petani dan beternak.
2. Kerajaan Tarumanegara
Sumber mengenai kerajaan Tarumanegara berasal
dari tujuh buah prasasti yang berbahasa sansekerta dan huruf pallawa. Prasasti
tersebut adalah prasasti Ciaruteun, Kebun Kopi, Jambu, Tugu, Pasar Awi, Muara
Cianten, dan Lebak. Seorang musafir Cina bernama Fa-Hsien pernah datang di Jawa
pada tahun 414 M. Ia telah menyebut keberadaan kerajaan To-lo-mo atau Taruma di
Pulau Jawa. Kerajaan Tarumanegara diperkirakan berkembang pada abad V M. Raja
terbesar yang berkuasa adalah Purnawarman. Wilayah kekuasaan Purnawarman
meliputi hampir seluruh Jawa Barat dengan pusat kekuasaan di daerah Bogor. Raja
pernah memerintahkan pembangunan irigasi dengan cara menggali sebuah saluran
panjang 6.112 tumbak (± 11 km). Saluran itu berfungsi untuk mencegah bahaya
banjir. Saluran ini selanjutnya disebut sebagai sungai Gomati.
3. Kerajaan Sriwijaya
Kerajaan sriwijaya adalah salah satu kerajaan
terbesar yang pernah berjaya di Indonesia. Kerajaan ini mampu mengembangkan
diri sebagai negara maritim dengan menguasai lalu lintas pelayaran dan
perdagangan internasional.Keberadaan kerajaan ini diketahui melalui enam buah
prasasti yang menggunakan bahasa melayu kuno dan huruf pallawa, serta telah
menggunakan angka tahun saka. Prasasti tersebut adalah Kedukan Bukit, Talang
Tuo, Telaga Batu, Kota Kapur dan Karang Berahi. Nama Sriwijaya juga terdapat
dalam berita Cina dan disebut Shih-lo-fo-shih atau Fo-shih. Sementara itu di
berita Arab, Sriwijaya disebut dengan Zabag atau Zabay atau dengan sebutan Sribuza.
Seorang pendeta Cina yang bernama I-Tsing sering dataang ke Sriwijaya sejak
tahun 672 M. Ia menceritakan bahwa di Sriwijaya terdapat 1.000 orang pendeta
yang menguasai agama seperti di India. Berita dari Dinasti Sung juga
menceritakan tentang pengiriman utusan dari Sriwijaya tahun 971-992 M.
Raja pertama Sriwijaya adalah Dapunta Hyang
Sri Jayanaga. Raja yang terkenal dari kerajaan Sriwijaya adalah Balaputradewa.
Ia memerintah sekitar abad IX M. Sriwijaya merupakan pusat pendidikan dan
penyebaran agama Buddha di Asia Tenggara. Menurut berita I-Tsing, pada abad
VIII M di Sriwijaya terdapat 1.000 orang pendeta yang belajar agama Buddha di
bawah bimbingan Sakyakirti. Menurut prasasti Nalanda, para pemuda Sriwijaya
juga mempelajari agama Buddha dan ilmu lainnya di India. Kebudayaan Kerajaan
Sriwijaya sangat maju dan bisa dilihat dari peninggalan suci sepeti stupa,
candi, atau patung/arca Buddha seperti ditemukan di Jambi, Muara Takus, dan
Gunung Tua (Padang Lawas) serta di Bukit Siguntang (Palembang).
4. Mataram Kuno
Menurut Teori Van Bammalen, letak kerajaan
ini berpindah-pindah, hal ini disebabkan oleh 2 alasan, yaitu karena
adanya bencana alam letusan Gunung Merapi, dan karena adanya peperangan dalam
perebutan kekuasaan. Awalnya, pada abad ke-8 kerajaan ini terletak di daerah
Jawa Tengah, kemudian setelah Gunung Merapi meletus pada abad ke-10, kerajaan
ini dipindahkan ke Jawa Timur oleh Mpu Sindok. Agama di kerajaan ini pun
terbagi menjadi 2, yaitu hindu pada Dinasti Sanjaya dan budha pada Dinasti Syailendra.
Kerajaan Mataram Kuno didirikan oleh Raja Sanna. Raja Sanna kemudian digantikan
oleh keponakannya, Raja Sanjaya.
Setelah Raja Sanjaya meninggal, Kerajaan
Mataram Kuno diperintah oleh putranya yang bernama Rakai Panangkaran. Raja
Mataram Kuno setelah Rakai Panangkaran adalah Rakai Warak, kemudian Rakai Warak
digantikan oleh Rakai Garung (Samaratungga). Di tengah-tengah
pemerintahan kerajaan Mataram Kuno, Datanglah keinginan Rakai Pikatan untuk
menjadi penguasa tunggal sebagai Dinasti Sanjaya. Persaingan antara Dinasti
Sanjaya yang dipimpin Rakai Pikatan dengan Dinasti Syailendra yang dipimpin
Raja Samaratungga, membuat cita-cita Rakai Pikatan untuk menjadi penguasa
tunggal di Pulau Jawa terhalang. Terjadi pertikaian antar kedua dinasti.
Akhirnya pada abad ke-9 terjadi penggabungan kedua dinasti melalui pernikahan
politik antara Rakai Pikatan dari Dinasti Sanjaya dengan Pramodawardhani dari
Dinasti Syailendra. Namun, pernikahan antara Rakai Pikatan dengan
Pramodawardhani ternyata tidak membuahkan kedamaian, malah justru membuat
pertikaian antara Dinasti Sanjaya dengan Dinasti Syailendra semakin sengit.
Akhirnya, Rakai Pikatan sebagai Dinasti
Sanjaya berhasil menguasai kerajaan sedangkan Pramodawardhani bersama anaknya,
Balaputradewa melarikan diri ke Palembang, Sumatra Selatan untuk kemudian
mereka menjalankan sebuah kerajaan bernama Kerajaan Sriwijaya. Berdasarkan
Prasasti Balitung, setelah Rakai Pikatan wafat, kerajaan Mataram Kuno
diperintah oleh Rakai Kayuwangi dibantu oleh sebuah dewan penasehat yang juga
jadi pelaksana pemerintahan. Dewan yang terdiri atas lima patih ini di
antaranya adalah:
a. Ratu, Datu,
Sri Maharaj
b. Rakryan Mahamantri
I Hino
c. Mahamantri
Halu & Mahamantri I Sirikan
d. Mahamantri Wko
& Mahamantri Bawang
e. Rakryan
Kanuruhan
Raja Mataram selanjutnya adalah Rakai
Watuhumalang, kemudian dilanjutkan oleh Dyah Balitung yang bergelar Sri
Maharaja Rakai Watukura Dyah Balitung Dharmodaya Maha Dambhu sebagai Raja
Mataram Kuno yang sangat terkenal. Raja Balitung berhasil menyatukan kembali
Kerajaan Mataram Kuno dari ancaman perpecahan. Di masa pemerintahannya, Raja
Balitung menyempurnakan struktur pemerintahan dengan menambah susunan hierarki.
Bawahan Raja Mataram terdiri atas tiga pejabat penting, yaitu Rakryan I Hino sebagai
tangan kanan raja yang didampingi oleh dua pejabat lainnya.
Rakryan I Halu, dan Rakryan I Sirikan. Selain
struktur pemerintahan baru, Raja Balitung juga menulis Prasasti Balitung.
Prasasti yang juga dikenal sebagai Prasasti Mantyasih ini adalah prasasti
pertama di Kerajaan Mataram Kuno yang memuat silsilah pemerintahan Dinasti
Sanjaya di Kerajaan Mataram Kuno. Kerajaan Mataram Kuno masih mengalami
pemerintahan tiga raja sebelum akhirnya pusat kerajaan pindah ke Jawa Timur.
Mpu Daksa, yang pada masa pemerintahan Raja Balitung menjabat Rakryan i Hino,
melakukan kudeta karena merasa bahwa ia adalah keturunan asli Dinasti Sanjaya,
kemudian Mpu Daksa digantikan oleh menantunya, Sri Maharaja Tulodhong.
5. Kerajaan Singhasari
Keberadaan Kerajaan Singhasari didasarkan
pada kitab Negarakertagama karangan Mpu Prapanca yang menjelaskan raja-raja
yang memerintah di Singasari serta kitab Pararaton yang juga menceritakan
keajaiban Ken Arok. Ken Arok semula sebagai akuwu (bupati) di Tumapel
menggantikan Tunggul Ametung yang dibunuhnya karena tertarik kepada Ken Dedes
isteri Tunggul Ametung. Pada tahun 1222 M Ken Arok menyerang kediri sehingga
Kertajaya mengalami kekalahan pada pertempuran di desa Ganter.
Ken Arok menyatakan dirinya sebagai Raja
Singasari dengan gelar Sri Rangga Rajasa Bhattara Sang Amurwabhumi. Raja
Singasari yang terkenal adalah Kertanegara Karena di bawah pemerintahannya
Singasari mencapai puncak kebesarannya. Kertanegara bergelar Sri Maharajaderaja
Sri Kertanegara mempunyai gagaasan politik untuk memperluas wilayah
kekuasannya, menyingkirkan lawan-lawan politiknya, menumpas pemberontakan,
menyatukan agama Syiwa dan Buddha menjadi agama Tantrayana (Syiwa Buddha
dipimpin oleh Dharma Dyaksa), melakukan politik perkawinan, dan mengirim
ekspedisi Pamalayu tahun1275.
6. Kerajaan Majapahit
Kerajaan Majapahit merupakan kerajaan Hindu
terakhir dan terbesar di Indonesia. Letaknya di Pulau Jawa. Pendirinya adalah
Raden Wijaya yang sempat melarikan diri ke Madura bersama istrinya saat terjadi
Peristiwa Mahapralaya. Kerajaan Majapahit, awalnya hanyalah sebuah desa kecil
bernama Desa Tarik yang merupakan pemberian Raja Jayakatwang dari Kediri. Raden
Wijaya telah dimaafkan dan dipercaya tidak bersalah atas kesalahan generasi atasnya.
Singkat cerita, pada tahun 1292, armada Cina
yang terdiri dari 1.000 buah kapal dengan 20.000 orang prajurit tiba di Tuban,
Jawa Timur dengan tujuan untuk menyerang Raja Kertanegara yang telah merebut
Kerajaan Melayu dan menyatakan tidak mau tunduk pada Kaisar Kubilai Khan.
Mereka tidak tau bahwa Raja Kertanegara beserta Kerajaan Singhasari itu telah
meninggal dan hancur dikalahkan oleh Raja Jayakatwang dari Kediri. Mengetahui
rencana penyerangan dari Cina ini, Raden Wijaya mengambil kesempatan untuk
merebut kembali Kerajaan Singhasari. Ia menggabungkan diri dengan pasukan cina
dan menyerang Raja Jayakatwang di Kediri.
Kerajaan Kediri tidak mampu menghadapi
serangan, sehingga Raja Jayakatwang berhasil dikalahkan. Kemenangan itu membuat
pasukan Cina bergembira dan berpesta pora. Mereka tidak menyangka ketika sedang
berpesta pora, pasukan Majapahit balik menyerang mereka. Akhirnya pasukan
armada Cina kalah, dan mereka segera kembali ke tanah airnya. Sejak saat itu
Kerajaan Majaphit mulai berkuasa. Pada tahun 1295, berturut-turut pecah
pembrontakan yang dipimpin oleh Rangga lawe dan disusul oleh Saro serta Nambi.
Pembrontakan-pembrontakan itu bisa dipadamkan. Raden Wijaya wafat pada tahun
1309 dan mendapat penghormatan di dua tempat, yaitu Candi Simping (Sumberjati)
dan Candi Artahpura. Setelah Raden Wijaya wafat, putera permaisuri
Tribuwaneswari yang bernama Jayanegara menggantikannya sebagai Raja Majapahit.
Pada awal pemerintahannya Jayanegara harus
menghadapi sisa pemberontakan yang meletus dimasa ayahnya masih hidup. Selain
pembrontakan Kuti dan Sumi, Raja Jayanegara diselamatkan oleh pasukan pengawal
(Bhayangkari) yang dipimpin oleh Gajah Mada ia kemudian diungsikan ke Desa
Bedager. Raja Jayanegara wafat tahun 1328 karena dibunuh oleh salah seorang anggota
dharmaoutra yang bernama Tanca. Oleh karena ia tidak mempunyai putra ia
kemudian digantikan oleh adik perempuannya Bhre Kahuripan yang bergelar
Tribuanatunggadewi Jayawishnuwardhani.
Suaminya bernama Cakradhara yang berkuasa di
Singasari dengan gelar Kertawerdhana. Dari kitab Negarakertagama, digambarkan
adanya beberapa pemberontakan di masa pemerintahan Ratu Tribuanatunggadewi.
Pembrontakan yang paling berbahaya adalah pemberontakan di Sadeng dan Keta pada
tahun 1331. Namun pemberontakan itu dapat dipadamkan oleh Gajah Mada. Setelah
itu Gajah Mada bersumpah di hadapan Raja dan para pembesar kerajaan bahwa ia
tidak akan amukti palapa (memakan buah palapa), sebelum ia dapat menundukan
seluruh Nusantara di bawah naungan Majapahit.
Pada tahun 1334, lahirlah putra mahkota
Kerajaan Majapahit yang diberi nama Hayam Wuruk. Pada tahun 1350, Ratu
Tribuanatunggadewi mengundurkan diri setelah berkuasa 22 tahun. Ia wafat pada
tahun 1372. Pada tahun 1350, Hayam Wuruk dinobatkan sebagai raja Majapahit dan
bergelar Sri Rajasanagara dan Gajah Mada diangkat sebagai Patih Hamangkubumi.
Dibawah pemerintahan Hayam Wuruk dan Gajah Mada, Kerajaan Majapahit mencapai
puncak kejayaannya. Kerajaan Majapahit menguasai wilayah yang sangat luas.
Hampir seluruh wilayah Nusantara tunduk pada Majapahit, namun ada satu kerajaan
kecil yang belum berhasil dikuasai kerajaan Majapahit, yaitu Kerajaan Sunda
Galuh. Raja Hayam Wuruk bersama Patih Gajah Mada berusaha untuk menaklukan
kerajaan tersebut.
Namun ketika itu Raja Hayam Wuruk terlanjur
jatuh cinta pada putri dari Kerajaan Sunda Galuh yang bernama Dyah Pitaloka.
Raja Hayam Wuruk bermaksud untuk menikahi Dyah Pitaloka. Ia mengundang keluarga
besar Kerajaan Sunda Galuh datang ke Kerajaan Majapahit untuk menikah dengan
Dyah Pitaloka. Ketika keluarga besar dari kerajaan Sunda Galuh tiba di Kerajaan
Majapahit, terjadi kesalahpahaman. Patih Gajah Mada mengira bahwa keluarga
besar Kerajaan Sunda Galuh ingin menyerang Kerajaan Majapahit, akhirnya Patih
Gajah Mada segera mengeluarkan pasukan dan membunuh semua anggota keluarga
Kerajaan Sunda Galuh. Hanya Dyah Pitaloka yang tidak dibunuh. Melihat seluruh
keluarganya tewas, Dyah Pitaloka pun akhirnya melakukan belapati (bunuh diri)
pada dirinya sendiri.
Raja Hayam wuruk yang mengetahui peristiwa kesalah
pahaman tersebut menjadi marah, terlebih ketika melihat calon istrinya mati
karena bunuh diri atas kesalahpahaman patihnya. Akhirnya, Raja Hayam Wuruk pun
sakit, dan meninggal karena sakit hati. Sejak kematian Raja Hayam Wuruk, maka
Kerajaan Majapahit mencapai masa kemunduran, perlahan-lahan kekuasaan Majapahit
pun runtuh. Pada salah satu versi cerita, dikisahkan Sang Patih, Gajah Mada
pergi ke sebuah gunung untuk berdiam diri dan menjadi pertapa karena merasa
bersalah pada rajanya.
F.
PENINGGALAN
KEBUDAYAAN HINDU-BUDHA
Masuknya kebudayaan India ke Indonesia telah
membawa pengaruh terhadap perkembangan kebudayaan di Indonesia. Kebudayaan yang
datang dari India mengalami proses penyesuaian dengan kebudayaan asli
Indonesia. Terjadilah proses akulturasi. Pengaruh kebudayaan Hindu-Budha di
Indonesia dapat dilihat dari peninggalan-peninggalan sejarah dalam berbagai
bidang, antara lain:
1) Bidang
agama, dibuktikan dengan berkembangnya agama Hindu dan Budha di Indonesia.
2) Bidang
politik dan pemerintahan, sistem pemerintahan yang berlangsung di Indonesia
masih berupa pemerintahan kesukuan yang dipimpin oleh seorang kepala suku.
Kemudian masuknya pengaruh India membawa pengaruh pada terbentuknya kerajaan
yang bercorak Hindu-Budha di Indonesia.
3) Bidang
pendidikan, lembaga-lembaga pendidikan semacam asrama merupakan bukti dari
pengaruh kebudayaan Hindu-Budha. Lembaga tersebut mempelajari satu bidang saja,
yaitu keagamaan.
4) Bidang
sastra dan bahasa, pengaruh kebudayaan Hindu-Budha pada bidang sastra menggunakan
bahasa Sansekerta dan huruf Pallawa oleh masyarakat Indonesia. Karya sastra itu
antara lain:
a. Arjunawiwaha,
b. Bharatayudha,
c. Gatotkacasraya
d. Arjuna
wijaya dan Sutasoma
e. Negarakertagama
f. Wretta
sancaya Lubdhaka.
5) Bidang
seni tari, relief-relief yang terdapat pada candi-candi Borobudur dan Prambanan
menunjukan adanya bentuk tarian yang berkembang pada masa itu. Tarian perang,
tuwung, bungkuk, ganding, matapukan merupakan tarian yang terlihat direlief
candi tersebut.
6) Hiasan
pada candi atau sering disebut dengan relief yang terdapat pada candi-candi di
Indonesia.
7) Wujud
akulturasi pemujaan arwah leluhur dengan ajaran Hindu-Budha yang dapat dilihat
dari bentuk arca dan patung yang ditempatkan di Candi.
8) Bidang
seni bangunan. Bidang seni bangunan adalah salah satu peninggalan budaya
Hindu-Budha di Indonesia yang sangat menonjol antara lain candi dan stupa.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Pendapat mengenai proses masuk dan
berkembangnya kebudayaan Hindu-Budha di Indonesia, yaitu hipotesis Waisya,
Hipotesis Ksatria, Hipotesis Brahmana dan teori Arus Balik. Masuk dan
berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Budha membawa pengaruh besar di berbagai
bidang. Kerajaan-kerajaan yang bercorak Hindu-Budha merupakan salah satu
bukti adanya pengaruh kebudayaan Hindu-Budha di Indonesia. Setiap kerajaan
dipimpin oleh seorang raja yang memiliki kekuasaan mutlak dan turun-temurun.
Kerajaan-kerajaan itu antara lain : Kerajaan Kutai, Kerajaan Tarumanegara, Kerajaan Sriwijaya,
Mataram Kuno, Kerajaan Singhasari, Kerajaan
Majapahit. Masuknya kebudayaan India ke Indonesia telah membawa pengaruh
terhadap perkembangan kebudayaaan di Indonesia. Namun kebudayaan asli Indonesia
tidak begitu luntur. Kebudayaan yang datang dari India mengalami proses
penyesuaian dengan kebudayaan, maka terjadilah proses akulturasi kebudayaan.
B. Saran
Kebudayaan yang berkembang di Indoneisa pada
tahap awal diyakini berasal dari India. Pengaruh itu diduga mulai masuk pada
awal abad masehi. Apabila kita membandingkan peninggalan sejarah yang ada di
Indonesia akan ditemukan kemiripan itu. Sebelum kenal dengan kebudayaan India,
bangunan yang kita miliki masih sangat sederhana. Saat itu belum dikenal
arsitektur bangunan seperti candi atau keraton. Tata kota di pusat kerajaan
juga dipengaruhi kebudayaan hindu. Demikian pula dalam hal kebudayaan yang lain
seperti peribadatan dan kesastraan.Kita harus menjaga kelestarian dan
budaya-budaya yang ditinggalkan agama Hindu-Budha.
DAFTAR PUSTAKA
http://sejarahagamadunia.blogspot.co.id/2013/11/asal-usul-sejarah-agama buddha.html
http://www.mantrahindu.com/sejarah-lengkap-agama-hindu/
https://lovehero412.wordpress.com/bahan-ajar/sejarah/proses-masuknya-agama-hindu-dan-budha-di-indonesia/
http://reeseppcerdas.blogspot.co.id/2014/02/makalah-sejarah-perkembangan-hindu_23.html
https://ayobelajarpengetahuan.blogspot.co.id/2018/01/makalah-proses-masuknya-hindu-budah-di.html?