LAPORAN PTK CARA MEMBUAT ANAK SENANG BELAJAR MEMBACA
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang Masalah
Perubahan telah terjadi dimana-mana
termasuk di dunia pendidikan secara terus menerus mengalami perubahan dan
perkembangan berawal dari tidak ada menjadi ada dari yang sudah ada menjadi
lebih baik dan yang sudah baik menjadi lebih baik atau sempurna. Salah satu
tuntutan masyarakat dalam lingkungan pendidikan taman kanak-kanak adalah
anak-anak yang pandai membaca dalam hal ini guru tidak bisa melepaskan prinsip
belajar sambil bermain dan bermain seraya belajar hal itulah yang mendorong
saya untuk melakukan penelitian bagaimana agar anak bermain huruf dan bernyanyi
di PAUD Karya Pertiwi.
1.2 Rumusan
Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang
masalah maka rumusan masalah penelitian tindakan kelas (PTK) tersebut adalah:
a. Bagaimana
anak-anak gemar dan selalu ingin membaca dengan tidak bosan melalui bermain dan
bernyanyi?
b. Media
yang mendukung yang membuat anak-anak bersemangat dalam belajar membaca
sangatlah dibutuhkan.
1.3 Tinjauan
Penelitian
Berdasarkan uraian permasalahan dapat
dirumuskan bahwa penelitian ini bertujuan untuk:
a. Meningkatkan
kegemaran anak membaca
b. Menanamkan
emosional dalam latihan membaca
c. Menambah
wawasan guru tentang metode pembelajaran di taman kanak-kanak.
1.4 Manfaat
Penelitian
Penelitian ini sangat penting bagi siswa
maupun guru, adpaun manfaat yang diambil dari penelitian ini adalah:
a. Manfaat
bagi siswa
1) Dapat
memacu semangat siswa dalam belajar membaca
2) Dapat
meningkatkan kecerdasan dalam bahasa melalui lagu
b. Manfaat
bagi guru
1) Dapat
meningkatkan keterampilan dalam penggunaan metode yang tepat dalam proses
pembelajaran.
2) Dapat
meningkatkan minat dalam penelitian.
3) Dapat
meningkatkan pemahaman tentang penelitian.
BAB II
KAJIAN PUSTAKA
2.1 Kajian Pustaka
Menurut Gardner (1993) kecerdasan bahasa
memuat kemampuan seseorang untuk menggunakan bahasa dan kata-kata baik secara
tertulis maupun lisan dalam berbagai bentuk yang berbeda untuk mengekspresikan
gagasan-gagasannya. Anak-anak dengan kecerdasan bahasa yang tinggi umumnya ditandai
dengan kesenangannya pada kegiatan yang berkaitan dengan penggunaan suatu
bahasa seperti membaca, menulis karangan, membuat puisi, menyusun kata-kata
mutiara.
Hal ini diperkuat oleh pernyataan
Bambang Trimansyah yang disadur dari koran republika, 30 September 2006 yang
menyatakan kecakapan dalam mengolah kata boleh jadi petunjuk penting bahwa anak
tersebut mempunyai kecerdasan bahasa di atas rata-rata.
BAB III
PELAKSANAAN PENELITIAN
3.1 Hipotesis Tindakan
Dengan menggunakan metode kumon yang
menggunakan prinsip pembelajaran perserorangan sesuai kemampuan masing-msaing
siswa dan disusun secara sistematis step by step.
3.2 Subjek Tempat dan Waktu Penelitian dan Piak yang
Membantu Penelitian
A.
Nama Sekolah : PAUD KARYA
PERTIWI
Alamat :
Kampung Karya Maju Kec. Rebang Tangkas
Jumlah Anak : 19 (9 putri dan 10 putra)
Tema :
Waktu Penelitian :
Semester :
II (dua)
Tahun Ajaran : 2014/2015
Kelas :
B1
Anggota Peneliti : 1. MURLIYANTI, S.Pd
2. JULIANA
B.
Waktu Pelaksanaan Tiap Siklus
Siklus Pertama : 4 – 9 Mei 2015
Siklus Kedua : 11 – 15 Mei 2015
Siklus Ketiga : 18 – 23 Mei 2015
3.3
Instrumen Penelitian
a.
Lembar Observasi Siswa
lembar
observasi ini digunakan untuk memantau setiap perkembangan siswa mengenai
kemampuan dalam membaca yang jadi pengukuran tingkat kecerdasan siswa.
3.4 Teknik Analisis Data
Untuk mengetahui keefektifan suatu
metode dalam kegiatan perlu dilakukan analisis data pada penelitian tindakan
kelas ini digunakan analisis data kualitatif yaitu suatu metode penelitian yang
bersifat menggambarkan kenyataan atau fakta yang diperoleh sesuai dengan tujuan
untuk mengetahui peningkatan kecerdasan membaca siswa.
BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN
Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan oleh
peneliti kondisi kemampuan belajar membaca siswa khususnya pada kelompok B1
awalnya mengalami kendala setelah kegiatan pembelajaran berakhir siswa jika
ditanya lupa dengan apa yang dipelajarinya. Untuk itu di siklus selanjutnya
guru menggunakan media dan lagu dalam penelitian ini menggunakan tiga siklus.
1. Siklus
Pertama
Tahap perancangan tindakan
2. Tahap
Kedua
Tahap kegiatan dan pelaksanaan
3. Siklus
Ketiga
Tahap observasi
4.1 Pembahasan Hasil Penelitian Perbaikan
Pembelajaran
Menurut standar kompetensi kurikulum
TK/RA (2004) pendekatan pembelajaran di TK harus diperhatikan prinsip di bawah
ini.
a. Pembelajaran
berorientasi pada prinsip perkembangan anak yaitu sebagia berikut:
1) Anak
belajar dengan baik apabila fisik dan psikisnya aman dan tentram
2) Siklus
belajar berulang
3) Anak
belajar memulai interaksi sosial
4) Minat
dan keinginan anak akan memotivasi belajar
5) Memperhatikan
perbedaan individu
BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
5.1 Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian tindakan
kelas yang telah dilaksanakan melalui beberapa tindakan dan siklus I, II dan
III dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan
dapat disimpulkan metode pembelajaran dengan teknik melalui bermain huruf dan
bernyanyi dapat meningkatkan daya tarik mebaca pada anak-anak usia PAUD.
5.2 Saran Tindak Lanjut
Mengingat penelitian ini hanya berjalan
dalam 3 siklus serta subjek yang cuku sedikit (15 siswa) dalam satu kelas
diharapkan guru lain dapat melanjutkan agar hasilnya lebih optimal.
BALAI PUSTAKA
1.
Pendekatan pembelajaran pendidikan anak
usia dini (Direktorat Jenderal Pendidikan Non Formal dan Formal 2010)
2.
Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD,
SLB dan TK (Zainal Aqib, Siti Jaiyaroh, Eko Daniati, Khusnul Khotimah).
3.
Panduan mengatasi permasalahan anak usia
dini (Sabil Risaldi, Meity H. Idris).
RENCANA KEGIATAN HARIAN
(RKH)
Hari/Tanggal : Senin, 11 Mei
2015
Kelompok : B1
Semester : II
Tema : Rekreasi
Alokasi Waktu : 120 Menit
INDIKATOR
Mengurutkan
dan menceritakan gambar seri 4 – 6 Gambar (LK : 14)
Pijakan
Awal + 10 Menit
Anak-anak
bernyanyi lagu anak-anak dan melakukan gerakan mengikuti alunan lagu.
Kegiatan
Pembuka + 5 Menit
Anak-anak
berdo’a dan mengucapkan serta menjawab salam
Kegiatan
Inti + 60 Menit
-
Guru membagi kelas menjadi 3 kelompok
(masing-masing kelompok 5 siswa)
-
Guru menjelaskan langkah-langkah
Persiapan
diantaranya:
-
Masing-masing kelompok diberi kartu
huruf bergambar
-
Guru memberi arahan kalimat yang akan
disusun dan dibaca
Inti
-
Setiap kelompok bekerjasama untuk
membuat kalimat yang sudah dicontohkan
-
Guru dan siswa bernyanyi sesuai tema
yang ditentukan
-
Tanya jawab
Istirahat
+ 30 Menit
-
Anak-anak berdo’a sebelum makan (bekal
masing-masing)
-
Bermain Puzle
Kegiatan
Akhir + 15 Menit
-
Guru mengulang kembali pelajaran tadi
-
Berkemas
-
Berdo’a dan salam pulang
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
SITI
MAYSAROH, S.Pd DEWI
PUJI WATI
NIM.
823984342