KTI SOSIOLOGI PENGARUH PERKEMBANGAN INTERNET

BAB I
PENDAHULUAN
I.1 Latar belakang masalah
Pendidikan merupakan faktor utama dalam membentuk baik buruknya pribadi manusia secara normatif. Pendidikan yang diperoleh anak tidak hanya di sekolah akan tetapi semua faktor bisa dijadikan sumber pendidikan. Terutama lingkungan yang berperan atau berpengaruh tehadap keberhasilan prestasi siswa. Anak dalam kandungan sampai usia lanjut atau liang lahat akan mendapatkan pendidikan.baik dari lingkungan, pendidikan formal maupun non formal.
Pendidikan wajib diikuti oleh seluruh insan seperti yang telah disabdakan rasul dalam riwayat haditsnya “Menuntut ilmu wajib bagi semua kaum muslim (laki-laki maupun perempuan). ”Dengan berkembangnya zaman teknologi berkembang pula dengan pesat. Jika kita melihat manusia zaman dulu dengan sekarang fasilitas hidup yang tersedia jauh lebih mudah, lebih gampang sekarang ini. Dalam bentuk transportasi, kita tinggal memilih yang cepat sedang atau sangat cepat sudah tersedia. Ingin berkomunikasi setiap saat, jauh atau pun dekat tinggal tekan.
Pesatnya teknologi saat ini menimbulkan dampak yang luar biasa bagi para siswa. Hal ini harus ada kerjasama yang baik antara orang tua dan guru. Peran orang tua sangat besar dalam keberhasilan prestasi siswa.Banyak siswa yang pergi ke warnet dengan alasan untuk mengerjakan tugas sekolahnya, padahal sekolah hanya dijadikan alasan. Ruang warnet yang di desain sedemikian rupa agar para pelanggan terkesan menikmati atau betah berada di dalamnya.
Internet merupakan teknologi masa kini yang mempunyai peran sangat penting di era globalisasi. Internet bagaikan sebuah perpustakaan dunia yang bisa kita akses dengan mudah segala kebutuhan yang kita perlukan. Internet mempunyai jaringan data yang mendunia, seseorang bisa mengakses dengan bebas didalam internet sesuai kehendaknya.Pesatnya teknologi serta perkembangan zaman, banyak siswa yang mengalami kemunduran dalam prestasi belajar. Tidak hanya factor mundurnya prestasi siswa akan tetapi sosial budaya, akademis maupun tingkah laku terjadi kemunduran. Bagaimana dengan pesatnya teknologi ini jika dihubungkan dengan keberhasilan siswa dalam proses belajar mengajarnya? Apakah berpengaruh atau tidak? Apa dan mengapanya kita bahas dalam mini penelitian ini.
I.2 Rumusan masalah
Dari latar belakang masalah diatas, penulis dapat mengambil rumusan masalah sebagai berikut :
1. Apakah pengaruh internet terhadap prestasi siswa ?
2. Apa manfaat dan dampak penggunaan internet terhadap prestasi siswa ?
3. Bagaimana permasalahan internet terhadap pendidikan ?
I.3 Tujuan masalah
a)   Untuk mengetahui pengaruh internet terhadap prestasi siswa.
b)   Untuk mengetahui manfaat dan dampak dari penggunaan internet terhadap prestasi siswa.
c)   Untuk mengetahui permasalahan internet terhadap dunia pendidikan.
d)   Untuk mencari solusi dalam menangani masalah pengaruh buruk yang disebabkan internet bagi siswa/i.
1.4    Manfaat Penelitian
Adapun manfaat yang dapat di berikan adalah sebagai berikut :
1.Dapat mebedakan manfaat dan dampak dari penggunaan internet terhadap prestasi  belajar siswa
2.Meningkatkan prestasi belajar siswa
3.Menciptakan kesadaran bahwa siswa tidak hars terlalu bergantung pada internet





BAB II
METODOLOGI PENELITIAN

II.1. Pendekatan Penelitian
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, yaitu pendekatan penelitian yang menyajikan data dalam bentuk narasi/deskripsi.
II.2. Jenis Penelitian
Metode yang kami gunakan adalah metode deskriptif yaitu suatu metode yang digunakan untuk mengungkapkan permasalah yang terjadi dimasa sekarang. Penelitian deskriptif bertujuan pada pemecahan masalah yang ada pada masa sekarang karena banyak sekali ragam penelitian yang menuturkan, menganalisa, dan mengaplikasikan penelitian dengan hasil survei, angket, observasi, atau dengan teknik teks, studi kasus,studi waktu dan gerak, analisa kualitatif, studi kopertif, atau studi kopertif, atau studi operasional. Dalam penelitian ini, kami menggunakan metode deskriptif untuk menggambarkan seberapa besar gambaran tentang “pengaruh perkambangan internet terhadap prestasi belajar siswa”.
II.3. Subjek dan Lokasi Penelitian
   II.3.1. Subjek Penelitian
Subjek penelitian kami adalah siswa/i SMA Muhammadiyah Sawangan, Depok.
II.3.2. Lokasi Penelitian
Lokasi penelitian kami adalah sekolah SMA Muhammadiyah 7 Jl. Abdul Wahab No.19 Sawangan Depok.

II.4. Metode Pengumpulan Data

Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan beberapa metode, diantaranya :
1.   Observasi
Yaitu menurut pengamatan langsung terhadap subjek penelitian pada tanggal, 18-25 Januari 2013.
2.   Wawancara/Interview
Yaitu proses Tanya jawab langsung terhadap penelitian dengan para responden dilaksanakan pada tanggal,  4-6 Februari 2013.
3.   Dokumentasi
Yaitu bukti foto terhadap subjek penelitian yang telah kami lakukan pada tanggal, 6 Februari 2013.



BAB III
PEMBAHASAN

Penggunaan internet telah merasuk pada hampir semua aspek kehidupan baik sosial, ekonomi, pendidikan, hiburan bahkan keagamaan dan apa saja yang dapat terpikirkan. Siswa merupakan salah satu pihak yang paling diuntungkan dengan kemunculan internet. Aneka referensi, jurnal, maupun hasil penelitian yang dipublikasikan melalui internet tersedia dalam jumlah yang berlimpah. Dengan adanya pemanfaatan internet sebagai salah satu sumber informasi dan motivasi belajar yang tinggi diharapkan siswa dapat memperoleh prestasi belajar yang baik. Hal ini dikarenakan kemudahan yang didapat siswa ketika memanfaatkan internet dalam mengakses informasi di internet.
Dengan seiringnya zaman maka semakin maju pula perkembangan teknologi. Dimana kita telah mengenal internet, Internet (Inter-Network) adalah sebutan untuk sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan situs akademik, pemerintahan, komersial, organisasi, maupun perorangan. Internet menyediakan akses untuk layanan telekomunikasi dan sumber daya informasi untuk jutaan pemakai yang tersebar di seluruh dunia. Oleh sebab itulah internet sangat mempengaruhi di dalam kehidupan masyarakat khusunya untuk para pelajar. Karena internet mempunyai dampak positif dan dampak negatif yang nantinya dapat mempengaruhi generasi muda.Sebenarnya siswa dalam proses beljajar juga bias memerankan dirinya sebaik mungkin. Dalam peningkatan prestasi belajarnya pun juga harus  bisa memilih mana yang dapat memberikan hal yang terbaik untuk dirinya sendiri.
Apa yang diharapkan biasanya sulit diwujudkan atau mungkin timbul efek lain yang sebenarnya tidak diharapkan. Pengenalan dan penggunaan internet di lingkungan pendidikan melahirkan budaya baru dalam lingkungan siswa. Sebagai contoh yaitu maraknya game online yang kebanyakan dimainkan oleh anak-anak. Sepulang sekolah, anak-anak yang seharusnya lebih banyak menghabiskan waktunya untuk belajar di rumah.

Namun, ternyata saat ini lebih banyak waktu anak-anak di habiskan di warnet untuk bermain internet. Ada sebagian anak-anak yang menghabiskan waktunya hampir 4 jam untuk bermain game online di warnet. Banyak hal-hal yang dapat terabaikan oleh anak-anak akibat hal demikian,diantaranya dari hal kecil saja bisa lupa makan, mandi, mengerjakan PR, dan sebagainya.
Contoh lain yaitu pornografi. Siswa yang diberikan keleluasaan bergerak dengan internet rawan dengan tindakan menyimpang. Keleluasaan bergerak di dunia maya bisa berbelok untuk kepentingan pornografi dan pada akhirnya melakukan tindakan menyimpang seperti pergaulan bebas.
Ceritanya akan berbeda jika pemanfaatan internet dioptimalkan sebagai sumber belajar dan media pengembangan kecakapan mengajar, terutama dimanfaatkan oleh guru. Internet sebagai sumber belajar dicontohkan sebagai sumber informasi yang tersedia secara online dan bebas. Terkait dunia pendidikan, antara lain berupa Digital Librarydan Online Journals. Digital library merupakan sebuah dunia maya yang berisi mengenai semua informasi, seperti buku-buku, hasil penelitian, kamus, dan semua informasi yang selayaknya ada di perpustakaan konvensional. Baik guru atau siswa dapat mengaksesnya di dunia maya sebagai sumber belajar karenaDigital library jauh lebih lengkap, jauh lebih mudah untuk diakses, dan jauh lebih cepat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Dengan demikian proses belajar siswa dan guru tidak hanya bersumber dari buku dalam artian fisik saja, tetapi dapat berupa buku elektronik yang tersedia di internet.
Online journals merupakan sebuah dunia maya yang menampilkan berbagai jurnal elektronik yang dapat diakses dengan mudah, cepat, up to date, dan lebih lengkap. Online courses adalah sejumlah kursus-kursus atau proses pembelajaran yang ditawarkan secara langsung kepada masyarakat atau dilangsungkan dalam suatu komunitas pembelajaran dengan menggunakan internet.
Internet juga dapat dijadikan sarana komunikasi dan wadah pengembangan kerja sama antar guru dan sekolah. Melalui internet, dapat terjalinnya kolaborasi yang baik antara pihak-pihak yang terlibat dalam bidang pendidikan. Dapat akses yang lebih mudah, efisien, dan lebih murah, para guru dapat bertukar informasi mengenai proses pembelaran, bentuk-bentuk penelitian, bea siswa guru atau siswa, pendanaan suatu program tertentu, dan acara sosial.

 Misalnya, sekolah akan mengadakan “program sekolah hijau”. Sekolah dapat melayangkan kerja sama melalui email kepada berbagai pihak. Pada web sekolah, juga dapat ditampilkan iklan program tersebut dilengkapi dengan berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan. Melalui internet, semua pihak dari berbagai belahan dunia akan degan mudah mengakses informasi program sekolah yang sedang atau akan dilaksanakan tersebut.
Dengan memperhatikan pengalaman dari beberapa sekolah-sekolah yang sudah memanfaatkan internet, teknologi informasi dan komunikasi (TIK) memiliki pengaruh yang cukup berarti terhadap prestasi belajar siswa. Dengan Internet, memungkinkan terjadinya individualisasi, akselerasi, pengayaan, perluasan, efektivitas, dan produktivitas pembelajaran yang pada gilirannya akan meningkatkan kualitas pendidikan sebagai infrastruktur
pengembangan sumber daya manusia secara keseluruhan. Melalui penggunaan TIK setiap guru akan terangsang dan terdorong untuk melakukan fasilitasi dan pembinaan secara berkelanjutan sesuai dengan potensi dan kecakapan yang dimilikinya. Pembelajaran dengan menggunakan TIK menuntut kreativitas diri sehingga memungkinkan mengembangkan  semua potensi yang dimiliki guru dan peserta didik.
Oleh karena itu, kami telah mewawancarai beberapa siswa SMA Muhammadiyah mengenai pengaruh internet terhadap prestasi belajar siswa dan menyatakan bahwa internet itu penting dalam urusan sekolah tetapi apabila sudah kecanduan dengan situs-situs internet maka setiap saat yang dilakukan hanyalah membuka situs-situs internet, itulah yang menyebabkan malas belajar dan lupa akan waktu jika terlalu sering membuka situs internet juga akan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa, seperti yang dikatakan oleh responden kami yang bernama Nabila Amanda Etria kelas XII.2 yang menyatakan bahwa “ internet sangat membantu kita dalam belajar, karena siapapun dapat leluasa searching tentang pelajaran-pelajaran dan informasi-informasi lainnya saat kita membutuhkannya. Pemakaian internet juga tidak terlalu menurunkan prestasi belajar siswa, karena internet berguna bagi anak pelajar dn juga untuk mengetahui banyak informasi.” Begitu tutur kata yang disampaikan oleh responden kami.

Informasi adalah data yang diolah dan dibentuk menjadi lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya. Informasi merupakan pengumpulan dan pengolahan data untuk memberikan keterangan atau pengetahuan. Maka dengan demikian sumber informasi adalah data. Data adalah kesatuan yang menggambarkan suatu kejadian atau kesatuan nyata, seperti yang dikatan responden kedua kami Septi Rizky Nuryani kelas XII.1 bahwa “ internet penting dalam membantu belajar kita, karna untuk selain untuk hiburan/refreshing bisa juga sangat membantu dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Selain menyelesaikan tugas  sekolah, kita juga bias belajar lewat online dan bias di download pelajaran-pelajaran sekolah dan diluar sekolah.” Begitu tutur kata yang disampaikan oleh responden kedua kami.
Bila ilmu merupakan sejumlah pengetahuan yang disusun secara logis dan sistematik, maka pengetahuan ialah sesuatu yang diketahui melalui pancaindra dan pengolahan oleh daya fikir. Fungsi dari pengetahuan itu sendiri ialah untuk mengubah cara hidup seseorang sehingga lebih selaras dengan gerak hidup dari yang diketahui, seperti yang dikatakan oleh responden ketiga kami Ridha Nurcahyani Amalia kelas XII.2 bahwa “ internet dapat membantu kita dalam belajar, karena jika saya mendapatkan PR yang sulit, saya bisa langsung cari di google, dan tidak juga menurunkan prestasi belajar karena saya menggunakannya di waktu yang senggang.” Begitu tutur kata yang disampaikan oleh responden kami.
Berdasarkan hasil wawancara yang kami lakukan oleh beberapa siswa SMA Muhammadiyah 7 Sawangan mengatakan bahwa fasilitas internet itu sangat penting. Dan hasil dari penelitian kami di sekolah SMA Muhammadiyah 7 Sawangan hampir semua siswa dan siswi menggunakan dan mengerti fasilitas internet.
Internet, sebagai teknologi ciptaan manusia, pasti memiliki pengaruh positif terhadap prestasi siswa di sekolah, berikut ini adalah beberapa contohnya.
·        Web memberikan segala informasi pendidikan yang sangat banyak dan luas, hal ini tentu sangat berguna bagi para siswa dalam menunjang proses belajar mereka.
·        Web membuat proses belajar menjadi lebih cepat, hal ini dikarenakan web sangat mudah digunakan dan didukung oleh banyaknya search engine (mesin pencari) seperti Google untuk mencari informasi. Siswa tinggal membuka mesin pencari, memasukkan kata kunci yang diinginkan, lalu munculah segala informasi yang dibutuhkan.
·        Dengan banyaknya informasi yang tersedia di web dan kemudahan untuk mendapatkannya, siswa cenderung untuk terus belajar dan mencari segala macam knowledge di dunia maya ini. Hal tersebut adalah salah satu pengaruh web terhadap prestasi belajar siswa dari segi positif.
·        Tak seperti buku, web menyuguhkan informasi dengan cara yang lebih menarik. Misalnya, bila ada gambar pada suatu artikel, gambar tersebut kadang bergerak (animasi), hal ini tentu lebih menarik dan membuat otak siswa tidak jenuh.
·        Tak hanya soal pendidikan, web juga menyuguhkan jejaring sosial yang berguna untuk melatih siswa agar lebih baik dalam bersosialisasi, baik dengan orang-orang yang sudah dikenal maupun dengan orang asing.
·        Web sebagai media komunikasi, merupakan fungsi web yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna web dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
·        Media pertukaran knowledge, dengan menggunakan e-mail, newsgroup, ftp dan www (web  jaringan situs-situs web) para pengguna web di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
·        Media untuk mencari informasi atau knowledge, perkembangan web yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
·        Kemudahan memperoleh informasi yang ada di web sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.
·        Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain.
·        Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan.
Internet diciptakan untuk memudahkan kehidupan manusia, tapi bagaimanapun juga, internet memiliki sisi negatif yang tak bisa dihindari oleh siapapun, khususnya para siswa sekolah. Siswa sekolah adalah anak berusia muda, usia seperti ini umumnya labil dan cenderung ingin tahu. Berikut beberapa contoh pengaruh internet terhadap prestasi belajar siswa dari segi negatif.

·                     Banyaknya situs hiburan seperti situs musik atau film, akan membuat siswa terlena dan lupa waktu. Situs-situs seperti ini boleh dikonsumsi sebagai hiburan untuk membuat otak tidak jenuh, tapi kalau sampai lupa waku belajar tentu prestasi siswa juga akan menurun.
·                     Saat ini banyak sekali situs jejaring sosial yang dikenal oleh para siswa sekolah, hal ini bisa menyebabkan siswa lupa waktu dan sibuk mencari hiburan lewat jejaring sosial.
·                     Tak hanya itu, jejaring sosial yang seharusnya bisa meningkatkan sosialisasi para siswa, kadang malah menjauhkan siswa dari teman-teman sekitar. Mereka lebih suka berinteraksi dengan teman-teman di dunia maya daripada teman di sekitar mereka. Hal ini bisa berdampak buruk, karena umumnya yang dibicarakan dengan teman di dunia maya bukanlah hal-hal yang berhubungan dengan pendidikan. Ini menjadi salah satu pengaruh net terhadap prestasi belajar siswa secara negatif karena siswa menjadi lupa belajar.
Pornografi
·        Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki net, pornografi pun merajalela.Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen browser melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat di-akses.Di net terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.
·        Violence and Gore. Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia net tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat menjual situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu.
·        Penipuan. Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut.
·        Karena sifatnya yang real time (langsung), cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah carayang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat net pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan Kartu Kredit) online dan mencatat kode Kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya mereka menggunakan information yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka.
·        Dampak lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Anda hanya perlu menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya.Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat net daripada bertemu secara langsung (head to head).
·        Dari sifat sosial yang berubah dapat mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi.Bisa membuat seseorang kecanduan, terutama yang menyangkut pornografi dan dapat menghabiskan uang karena hanya untuk melayani kecanduan tersebut.
Untuk saat ini internet sangatlah penting dalam dunia pendidikan terutama untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Dengan adanya internet maka akan memudahkan kita untuk mencari segala yang kita butuhkan. Selain sebagai media pendidikan, internet juga berguna sebagai media untuk sharing antar pelajar yang pada akhirnya bisa membuat kita mengetahui kualitas diri kita dengan orang lain, sehingga kita bisa mengetahui kekurangan dan kelemahan diri kita. Selain dari itu, dengan adanya internet yang dapat diakses dengan mudah oleh seorang pelajar selain memberikan manfaat juga dapat mengakibatkan dampak negatif, hal ini tergantung pada tingkat kemampuan seorang pelajar didalam melakukan pembagian waktu. Seorang siswa yang tidak mampu melakukan pembagian waktu yang baik bisa menimbulkan kelalaian didalam melaksanakan tugas kewajiban seorang siswa yaitu belajar, karena terlalu asik internet-an. (Rully P. Dan Delima ).Oleh karena itu, kita harus bisa memanfaatkan internet ini dengan sebaiknya yang salah satunya kita harus pandai didalam melakukan pembagian waktu.




BAB IV
PENUTUP


1 Kesimpulan

Internet merupakan suatu teknologi baru yang bias menghubungkan berbagai data dan informasi secara mendunia, yang dimana setiap orang bias dengan bebas mengaksesnya. Internet dalam bidang pendidikan memberikan kontribusi yang besar terhadap kemajuan pendidikan khususnya di Indonesia. Dengan adanya internet maka bias meningkatkan mutu kualitas bangsa, Khususnya pelajar, dengan adanya internet ini maka akan memberikan pengaruh yang positif terhadap prestasi siswa.
Hal ini disebabkan oleh dengan adanya internet, maka dapat memudahkan siswa baik itu mengerjakan tugas sekolahnya maupun untuk mencari berbagai informasi dan pengetahuan yang ada didalam internet. Dengan demikian seorang siswa yang sering membuka internet terutama membuka situs-situs pendidikan maka akan membuat dirinya itu memiliki wawasan yang luas, dan tidak akan ketinggalan dengan kemajuan zaman, yang akhirnya akan berimbas pada peningkatan nilai prestasi siswa tersebut.
Namun selain dari manfaat, internet juga memiliki dampak negatif bagi generasi penerus yang membuka internet. Apakah internet itu memberikan manfaat untuk siswa atau dampak negatif siswa tergantung pada diri siswa itu sendiri. Apabila internet digunakan untuk meningkatkan prestasi, maka akan memberikan banyak manfaat untuk siswa. Namun apabila digunakan untuk sesuatu yang negatif maka akan memberikan dampak yang negatif juga untuk diri siswa.


2 Saran

Dari uraian diatas penulis berharap agar kita bisa memanfaatkan segala teknologi yang ada termasuk internet untuk kemajuan bangsa. Karena kemajuan suatu bangsa ditentukan oleh tingkat kualitas pendidikan. Suatu teknologi akan mengakibatkan apa saja itu semua tergantung pada diri kita masing-masing. Jangan mempergunakan internet untuk sesuatu yang dapat merugikan orang lain, atau dapat menimbulkan suatu masalah. Manfaatkanlah internet sebagai media pembelajaran dalam rangka menuju masa depan yang cerah dengan pengetahuan yang luas dan kritis.
Pendampingan Orangtua
Untuk menangkal pengaruh negatif internet pada siswa, ada beberapa hal yang harus dilakukan.
1.             Selalu dampingi anak ketika mereka sedang mengakses internet. Hal ini untuk memastikan bahwa anak telah mengakses situs yang tepat.
2.             Jika fasilitas internet tersedia di rumah, letakkan fasilitas tersebut di ruang bersama. Hal ini untuk memudahkan orangtua mengawasi anak.
3.             Jika harus menggunakan fasilitas internet di warnet, bantu anak memilih warnet ‘sehat’. Akan lebih bijaksana, jika Anda mengenal pemilik dan petugas di sana. Ini untuk memudahkan Anda mengawasi anak.
4.             Beri pemahaman yang baik pada anak tentang pengaruh positif dan negatif internet bagi dirinya. Dengan demikian, Anda sudah membekalinya dengan benteng pertahanan diri.
5.             Ada baiknya, Anda juga mengenali teman dan lingkungan anak Anda. Teman dan lingkungan yang baik adalah benteng pertahanan luar anak.
6.             Untuk mencegah penculikan dan pelecehan pada anak, ingatkan mereka agar tidak mudah percaya pada siapa pun di internet. Ingatkan pula untuk tidak mencantumkan hal-hal yang bersifatpribadi yang mudah diakses orang lain.



DAFTAR PUSTAKA


·        http://tita7ezer.blogspot.com/
·        http://www.anneahira.com/pengaruh-internet-terhadap-prestasi-belajar.htm
·        http://igede-praditya.blogspot.com/2012/12/pengaruh-internet-terhadap-prestasi.html
·        http://orb7.wordpress.com/2011/03/10/pengaruh-internet-terhadap-prestasi-belajar-siswa/

Subscribe to receive free email updates: