Penjelasan Singkat Komponen Dasar Komputer beserta Gambar



Pengertian Mainboard adalah papan utama berupa pcb yang memiliki chip bios (program penggerak), jalur-jalur dan konektor sebagai penghubung akses masing-masing perangkat.

Pengertian processor ataupun sering disebut otak komputer, secara jelasnya prosesor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dengan fungsi melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. 

Pengertian RAM Komputer, RAMadalah memory tempat penyimpanan sementara pada saat komputer dijalankan dan dapat diakses secara acak atau random.

Pengertian Hardisk adalah salah satu komponen perangkat keras (hardware) pendukung komputer atau laptop yang menyediakan ruang untuk menyimpan data atau output dari proses data yang dilakukan oleh komputer dan manusia. hardisk biasanya berbentuk kotak dan di dalamnya terdapat piringan tempat data – data tersimpan, hardisk bersifat menyimpan data secara paten walaupun komputer atau laptop anda matikan data – data yang ada dalam hardisk akan tetap ada, kecuali anda menghapusnya secara manual atau hardisk terkena virus.

Optical Drive adalah hardware atau yang tidak mengerti hardware perangkat keras komputer yang mimpunyai fungsi untuk menyimpan data dengan media yang berupa kepingan CD dan cara melakukannya ialah menggunakan teknologi optik.

Pengertian VGA Card atau kartu grafis adalah suatu perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mengolah dan menerjemahkan data grafis komputer menuju ke layar monitor.

Kartu suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara. Pada awalnya, Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer


Pengertian Floppy Disk Drive (FDD) Floppy Disk Drive merupakan sebuah perangkat penyimpanan komputer portable yang jaya pada era tahun 1990-an. Untuk membaca/menulis data, disket harus dimasukkan ke diskdrive.

Untuk Gambar Siap Print Doc. Ms. Word silahkan download disini: 


Subscribe to receive free email updates: